Asean Single Destination Bakal Dongkrak Pariwisata Batam

1472
Pesona Indonesia
Turis asal Korea Selatan berpose dengan latarbelakang "Welcome to Batam" di Batam Centre. Foto: Dalil harahap/batampos
Turis asal Korea Selatan berpose dengan latarbelakang “Welcome to Batam” di Batam Centre. Foto: Dalil harahap/batampos

batampos.co.id – Asean Single Destination yang berlaku tahun ini dipastikan memberi keuntungan bagi Indonesia, khususnya Batam. Karena kota ini menjadi pintu masuk bagi Wisatawan Mancanegara (Wisman) masuk ke tanah air.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan bahwa lima pelabuhan di Batam memiliki peluang besar dan potensi bagus untuk menjadikan Asean single destination ini sebagai momen kebangkitan pariwisata Batam.

“Dengan memanfaatkan Asean single destination pasti memberikan peruntungan Indonesia, karena Wisman datang dari Thailand, Singapura dan lainya, salah satu pintu masuk Batam,”ujar Yusfa, Senin (4/4/2016).

Asean single destination merupakan promosi bersama Negara-negara Asia Tenggara. Wisman yang sampai di Batam, lanjut Yusfa nantinya bisa menikmati beragam keindahan yang ada, mulai dari kuliner, belanja, relaksasi,religi, budaya, bahari dan lainya.

Promosi bersama ini dapat dimanfaatkan juga oleh perusahaan travel agent dengan mengeluarkan paket-paket yang ditawarkan dengan bekerja sama pihak luar negeri.

“Kalau Batam sendiri, banyak travel-travel bekerjasa sama travel agen asing. Ini yang kita kedepankan, membuat peket-paket perjalanan,”ujarnya.

Setelah puas menikmati Batam, wisatawan juga dapat menlanjutkan perjalanan kesejumlah daerah ditanah air. Sebab, sudah ada 20 penerbangan langsung ke wilayah lain di Indonesia. Kata Yusfa,bila ingin melihat gunung, bisa ke Sumatera Barat, danau ada di Sumatera Utara dan daerah lainnya.

“Pemerintah sifatnya support dan memberikan insentif, seperti bebas visa.  Sebenanrya kami inginkan lebih dari sekedar bebas visa. Bagaimana konsep Eropa, kalau turun di Belanda kita bisa ke Jerman dan lain bukan hanya satu wilayah,”pungkasnya. (leo/bp)

Respon Anda?

komentar