Mau Jadi Kepala Desa, Harus Lolos Uji Kompetensi

2343
Pesona Indonesia
Puluhan balon kepala desa serius mengikuti uji kemampuan dasar pada pemilihan kades serentak. foto:imam soekarno/batampos
Puluhan balon kepala desa serius mengikuti uji kemampuan dasar pada pemilihan kades serentak. foto:imam soekarno/batampos

batampos.co.id – Sebanyak 65 bakal calon (balon) kepala desa dari 18 desa di lima kecamatan se Pulau Kundur, mengikuti seleksi /uji kemampuan dasar pemilihan kepala desa, Senin (4/4) di Balai Sri Gading. Seleksi dilaksanakan dalam rangka menghadapi pilkades serentak yang bakal digelar Mei mendatang. Dari 65 balon kepala desa, terdapat satu orang peserta perempuan Latifah, calon kepala desa Batulimau.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Karimun Dwiyandri membenarkan terkait seleksi/uji kemampuan dasar tersebut. Disebutkan uji kemampuan dasar wajib diikuti bakal calon Kades untuk mengetahui kualitas, maupun kecakapan balon kades. Dengan harapan balon kades yang bakal maju pada pilkades siap sesuai dengan harapan masyarakat. Uji kemampuan dasar merupakan tahapan dalam pilkades serentak.

“Ada tiga materi yang diujikan pada setiap balon kades pertama uji tertulis, wawancara dan pidato (penyampaian visi,misi). Setiap balon kades diberikan waktu sepuluh menit untuk wawancara dan pidato,” terang Yandri.

Ditambahkan tim penguji terdiri dari Bapeda, BPMD Kesbang, Inspekturat, Sat Pol PP, bagian hukum, BKD dan fasilitasi kecamatan. Dasar pelaksanaan pilkades serentak undang-undang nomor 6 dan perbup.

“Kita harapkan tahapan pilkades serentak berjalan lancar dan sukses,” imbuhnya.

Sementara Latifah, balon kades Batulimau mengatakan keikutsertaan dirinya mencalonkan diri sebagai panggilan jiwa. Pencalonan dirinya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di desa terutama masalah admintrasi. Selain itu ingin mengoptimalkan potensi sumber daya di desa, salah satunya wisata Pantai Batulimau. Dengan harapan wisata Batulimau dapat dikenal masyarakat luas karena memiliki keunikan tersendiri dengan beragam jenis batu yang hanya ada di Pantai Batulimau. (ims/bpos)

Respon Anda?

komentar