Hutama Karya Cari Mitra Bangun Jalan Tol Batam

1855
Pesona Indonesia
PT Hutama Karya. Foto: istimewa
PT Hutama Karya. Foto: istimewa

batampos.co.id – Pemerintah pusat serius untuk segera membangun jalan tol di Batam. Bahkan sudah menunjuk Hutama Karya sebagai penanggungjawab pembangunannya. Saat Hutama Karya sedang mencari mitra untuk membangun proyek bernilai triliunan rupiah tersebut.

“Progres pembangunan jalan tol, jalan terus. Sekarang ini pemerintah pusat sudah menunjuk Hutama Karya untuk membangun. Mungkin dalam waktu dekat sudah mulai pembangunannya,” kata Imam Bachroni, Direktur Perencanaan dan Tehnik BP Batam.

Kata Imam, BP Batam sudah berkoordinasi dengan Hutama Karya. Di mana lahan yang akan digunakan untuk pembangunan sudah disiapkan oleh BP Batam.

“Kalau untuk lahan sudah kita siap. Kalau memang ada bangunan yang ilegal akan dibongkar. Pembangunan fisiknya mungkin dalam waktu dekat sudah akan dimulai,” katanya.

Jalan tol sepanjang 25 kilometer yang masuk dalam proyek strategis nasional 2016 dibangun untuk memperlancararus transportasi barang antar kawasan industri dan pelabuhan atau bandara. Tolo akan dibuat dalamdua lajur masing-masing lajur lebarnya 3,6 meter.

Jalan tol yang akan digunakan adalah ruas jalan yang sudah ada saat ini. Di mana nantinya akan diperbaiki dan dibuat sampai memenuhi standard nasional.

“Kalau ada bagian jalan yang masih sempit, maka akan kita lebarkan. Satu ruas jalan tol 3,6 meter, “katanya.

Sementara untuk jalan umum, nantinya akan dibangun jalan di sebelah kiri dan kanan jalan tol. “Jadi jalan untuk umum dulu yang duluan dibangun. Setelah itu selesai baru jalan tol kita selesaikan,” katanya.

Jalan tol di Batam ini masuk dalam dalam proyek strategis nasional yang dituangkan Presiden RI Joko Widodo dalamĀ  Inpres no 1 tahun 2016. Tetapi tahun ini, tidak bisa dilakukan pembangunannya, karena akan lebih dulu dilakukan pembangunan flyover di simpang Jam dan simpang Kabil. (ian/bp)

Baca Juga:
> Fokus BP Batam di 2016 Benahi Pelabuhan dan Jalan Tol
> Bakal Diresmikan Jokowi, Penghubung Tol Pekanbaru-Dumai Dikebut

Respon Anda?

komentar