Kementerian PUPR Gembleng Pendamping Pemda untuk Tangani Perumahan

1494
Pesona Indonesia
ilustrasi perumahan. Foto: istimewa
ilustrasi perumahan. Foto: istimewa

batampos.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui tengah menyelenggarakan training of trainers bagi tenaga ahli perencanaan perumahan (ToT TAPP) sejak Senin (4/4) hingga Jumat (8/4). Peserta training itu nantinya akan menjadi fasilitator pendamping bagi pemerintah kabupaten/kota di 34 provinsi dalam melaksanakan dekonsentrasi bidang perumahan tahun 2016.

Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Deddy Permadi, dekonsentrasi bidang perumahan 2016 akan difokuskan pada pembentukan kelompok kerja perumahan dan kawasan permukiman, serta pendataan perumahan. Menurutnya, pendataan perumahan sangat penting.

“Saat ini perlu direview kembali apakah data perumahan sekarang masih relevan atau sudah berubah. Melalui para tenaga ahli ini diharapkan bisa mengetahui data riil perumahan di masing-masing daerah,” ujar Deddy melalui siaran pers ke media, Selasa (5/4).

Ia menjelaskan, tenaga ahli yang sedang menjalani training itu akan ditugaskan menampung aspirasi masyarakat dan mewadahi berbagai kebutuhan lain bidang penyediaan perumahan. Mereka akan mendampingi pemda sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Fokus utama pemerintah saat ini bersama para stakeholder menyelesaikan masalah backlog (data tentang kebutuhan rumah, red). Salah satunya melalui pembinaan pada pemda, karena pemda adalah pelaku yang memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat,” terang Deddy.‎ (esy/jpnn)

Respon Anda?

komentar