Kepri Bertekad Pertahankan Juara Umum MTQ Nasional

959
Pesona Indonesia
MTQ Nasional di Batam tahun 2014 lalu. Kepri sebagai juara bertahan berusaha mempertahankan predikat juara umum. foto:dok
MTQ Nasional di Batam tahun 2014 lalu. Kepri sebagai juara bertahan berusaha mempertahankan predikat juara umum. foto:dok

batampos.co.id – Hajatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kepri menjadi seleksi terakhir bagi Lembaga Pengembagan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kepri untuk kafilah yang akan mewakili Kepri di MTQ Nasional ke-26 mendatang.

Terkait persiapan MTQ tingkat Provinsi Kepri, Wakil Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun yang juga merupakan Ketua LPTQ Provinsi Kepri memimpin rapat persiapan di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (4/4). Adapun poin-poin penting dalam rapat tersebut adalah Gedung Daerah, Tanjungpinang akan dijadikan sebagai venue MTQ tingkat Provinsi Kepri.

“MTQ tingkat provinsi tahun ini menjadi tolak ukur terkait persiapan kita untuk menatap MTQ Nasional ke 26 mendatang,” ujar Nurdin Basirun dalam kesempatan itu.

Rencananya MTQ Kepri akan diselenggarakan pada Mei nanti. Adapun agenda rapat persiapan kali ini sudah semakin teknis dan melibatkan seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota, SKPD dan FKPD. Selesai rapat, wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengajak seluruh yang hadir pada kesempatan ini melihat langsung kondisi lapangan yang nantinya akan di bangun astaka MTQ.

“Ini merupakan kegiatan yang didalamnya ada syiar Islamnya. Sebisa mungkin kita bekerja dengan baik dan ikhlaslah, karena ada amal dalam kegiatan ini,” kata Nurdin.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Kepri bertekad untuk mempertahankan predikat juara umum pada hajatan MTQ Nasional ke-26 yang akan digelar pada 30 Agustus mendatang di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). MTQ tingkat Provinsi Kepri Mei mendatang menjadi ajang persiapan bagi Provinsi Kepri.

“Motivasi kita tentu adalah dengan sedaya upaya untuk mempertahankan predikat juara umum,” ujar Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kepri, Mahadi Rahman.

Ditegaskannya, hajatan MTQ tingkat Provinsi Kepri yang akan digelar pada bulan Mei mendatang menjadi kesempatan bagi para qori dan qoriah, serta hafizd dan hafizdah untuk menunjukan kemampuan terbaiknya. Karena hanya kafilah-kafilah terbaik yang akan dipersiapkan untuk membawa nama besar Provinsi Kepri pada MTQ Nasional ke-26 di Provinsi NTB.

“Mereka yang terbaik pada MTQ tingkat Provinsi nanti, secara otomatis akan mewakili Kepri,” jelas Mahadi.

Pria yang juga sebagai Direktur Quran Centre Batam tersebut juga mengatakan, Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Banten juga sangat berhasrat untuk merebut juara umum. Karena dua nama daerah tersebut menjadi pesaing terberat Kepri saat merebut juara umu di MTQ Nasional ke-25 yang di gelar di Batam tahun 2014 lalu.

“Apabila komposisi cabang-cabang yang dipertandingkan sudah lengkap, akan ada beberapa peraiapan khusus. Salah satunya latih tanding di Malaysia dan sejumlah provinsi di Indonesia,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya, dibawah kepemimpinan Ketua LPTQ Provinsi Kepri, Nurdin Basirun juga meminta pihaknya untuk terus menerus melakukan pembinaan. Karena target yang ingin diraih adalah mempertahankan hasil yang sudah dicapai.

“Ini menjadi kerja keras bersama. Mohon doa dan dukunan masyarakat Kepri, sehingga kita bisa mempertahankan hasil yang sudah diraih dua tahun lalu,” tutup Mahadi yang juga merupakan Pejabat di Kesra Provinsi Kepri tersebut. (jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar