Lanal Ranai Bantu 6 Unit Komputer untuk Sekolah di Daerah Terpencil

570
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Lanal Ranai menyumbang 6 set komputer kepada SD dan SMP di Desa Pian Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Natuna, Senin (4/4).

Penyerahan bantuan komputer ini secara simbolis oleh Danlantamal IV Tanjugpinang Laksamana Pertama TNI S Irawan didampingi Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Arif Badrudin.

Badrudin mengatakan, bantuan komputer untuk sekolah di Piang Tengah, agar siswa lebih terbuka pada dunia informasi dan teknologi.

Sekolah di Desa Pian Tengah, kata Badrudin, adalah sekolah yang masih tertinggal di daerah terpencil. Natuna sudah daerah tertinggal, Desa Pian Tengah jauh lebih tertinggal.

“Kami sangat peduli kesulitan masyarakat, kami berharap masyarakat punya wawasan luas, punya internet mengakses dunia luar,” kata Danlanal.

Saat ini kata Arif, Lanal Ranai sudah mengutus prajuritnya di Yayasan Indonesia untuk mengikuti pendidikan mengajar, agar kekurangan guru bisa diatasi dan prajurit Lanal bisa dikedepankan.

Bahkan saat inim sambungnya, untuk membantu masyarakat di Pian Tengah, Lanal Ranai sudah mendatangkan ahli tanah, untuk mengukur tingkat kesuburan tanah, menyesuaikan kecocokan tanaman pertanian.

“Lanal sudah jalin kerjasama dengan Jepang menyediakan bibit pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi bapaknya tetap melaut, ibu rumah tangga bisa bertani dengan pola yang dianjurkan oleh ahlinya,” ungkap Arif.

Tidak hanya itu, Lanal juga menerapkan disiplin ilmu kepada putra setempat, yang terus bergulir setiap bulan. Sasarannya memberikan wawasan ilmu, baik bidang pertanian, pengolahan limbah dan wawasan kebangsaan bela negara.

Kunjungan Danlantamal di Natuna sempat meninjau wisata agro di komplek Lanal Ranai dan memanen semangka serta pengolahan limbah plastik yang mempekerjakan warga Natuna dalam pelatihan.

“Saat ini Lanal Ranai sudah menjadi contoh bagi Lanal lain. Banyak prestasi yang ditoreh untuk masyarakat,” ungkap Irawan saat memetik semang di taman agro wisata Lanal.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar