Layanan Kapal Pelni ke Anambas Tidak Lancar

1117
Pesona Indonesia
KM Sabuk NUsantara 39. foto:dok
KM Sabuk NUsantara 39. foto:dok

batampos.co.id – Transportasi di Anambas masih susah. Beberapa moda transportasi laut andalan yang biasanya melayani rute ke Anambas akhir-akhir ini tidak lancar. Seperti kapal Pelni Sabuk Nusantara untuk sementara tidak beroperasi dengan normal.

Pelaksana Harian Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Tarempa, Darlis, mengatakan untuk saat ini, hanya kapal ferry yang melayani transportasi ke Anambas. “Saat ini, cuma kapal ferry,” ungkapnya kepada wartawan.

Kapal ferry yang melayani rute pelayaran Tanjungpinang-Anambas biasa beroperasi dua atau tiga hari dalam satu pekan. Meski merupakan transportasi tercepat yang ada untuk saat ini, namun keberangkatan yang tidak pasti karena faktor teknis hingga cuaca menjadi kendala operasi kapal ferry ini.

Sebelumnya, dirinya mengaku sudah berkoordinasi dan menanyakan transportasi dari pihak Pelni. Jawabannya, kata Darlis, untuk waktu sepuluh sampai dua belas hari kedepan belum ada kapal. Kapal Sabuk Nusantara pun diketahui masih berada di Tanjungpinang.

Perwakilan Pelni di Anambas Hubbul Ichsan mengatakan docking yang dilakukan kapal Pelni yang biasa melayani pelayaran dari dan menuju ke Anambas, saat ini sudah selesai dilaksanakan. Hanya saja, pihaknya masih menunggu jadwal pelayaran terkait operasional kapal tersebut.

“Untuk Bukit Raya, kapalnya sudah standby, tinggal menunggu jadwalnya saja. Rute pelayaran KM. Bukit Raya masih normal,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk KM Lawit dijadwalkan tanggal 23 April 2016 sudah berada di Kijang, Kabupaten Bintan, menuju Anambas. Ichsan mengatakan, selain melayani pelayaran ke sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kepri, KM Lawit juga melayani rute pelayaran seperti Belinyu, Bangka Belitung, Tanjung Priuk Jakarta, Pontianak, Semarang dan Surabaya.

“Dijadwalkan, tanggal 24 April 2016, KM Lawit masuk ke Anambas,” terangnya.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar