2 Tahun Defisit, Pembangunan Bintan Harus Pakai Skala Prioritas

1163
Pesona Indonesia
Pariwisata, salah satu andalan perekonomian Bintan. Tampak maket Trasure Bay di Lagoi, salah satu objek wisata yang menarik di Bintan. Foto: istimewa
Pariwisata, salah satu andalan perekonomian Bintan. Tampak maket Trasure Bay di Lagoi, salah satu objek wisata yang menarik di Bintan. Foto: istimewa

batampos.co.id – Defisit anggaran yang melanda Pemerintah Kabupaten Bintan dua tahun belakangan ini membuat Badan Perencanaan Pembangunan Bintan dan DPRD Bintan mengedepankan program pembangunan yang bersifat mendesak.

“Harus selektif, tepat, dan memang dibutuhkan masyarakat,” ujar Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan, Lamen Sarihi, Selasa (5/4/2016).

Perencanaan yang sudah dimasukkan dan dibahas, sambung Lamen, tidak boleh lupa dengan sinkronisasi program prioritas. Kesejahteraan masyarakat Bintan, kata politisi Partai Golkar ini, harus di atas segalanya.

Program prioritas itu, lanjut Lamen, juga harus tercermin dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Bintan.

“Pada Musrenbang ini, kita bisa berdiskusi membela demi kepentingan masyarakat umum, dengan demikian juga bisa menjadi media yang menghubungkan antara masyarakat dan pemerintah,” ujar Lamen.

Bupati Bintan Apri Sujadi sepakat dengan masukan itu. Menurutnya, rencana pembangunan Bintan selama lima tahun mendatang mesti melihat kemampuan anggaran yang ada.

Kondisi ini, kata Apri, bukan sesuatu yang untuk ditakuti. Melainkan perlu pemikiran untuk melahirkan strategi-strategi konstruktif.

“Semuanya memang harus melalui aspirasi masyarakat dan fokus beradasarkan RPJMD tahun 2016- 2021 karena dilaksanakan mengacu kepada RPJMD yang ada, sebagai kerangka pembangunan di Bintan,” ujar Apri.

Pada tahun 2017 mendatang, Apri menyatakan, fokus kerja kabinetnya adalah menciptakan kualitas pelayanan yang mendukung kepada investasi dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Tentu karena hal ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi di Bintan,” pungkas Apri. (muf)

Respon Anda?

komentar