6 Cara Cerdas untuk Mengurangi Penggunaan Plastik

1142
Pesona Indonesia

plastik

batampos.co.id – Kebanyakan dari kita pasti tahu bahwa plastik adalah benda yang sukar untuk didaur ulang dan limbahnya sangat merusak lingkungan.

Namun demikian, saat ini masih banyak orang yang tidak sadar bahwa plastik diam-diam bisa merusak lingkungan karena tingkat polusinya yang tinggi.

Oleh sebab itu, mulai sekarang tak ada salahnya bila kita mulai mengurangi penggunaan plastik untuk mendapatkan udara yang sehat.

Berikut adalah enam cara cerdas untuk mengurangi penggunaan plastik, seperti dilansir laman India Times, Selasa (5/4).

1. Belilah produk dalam bentuk stoples kaca atau kemasan karton.

Mulailah dengan membeli produk dalam stoples kaca atau kemasan karton, sebagai ganti kemasan berbahan plastik. Stoples kaca berguna karena Anda bisa menggunakannya kembali.

2. Bawalah air Anda sendiri.

Dengan begitu, Anda tak perlu lagi membeli berkali-kali minuman kemasan berbahan plastik.

3. Buatlah jus Anda sendiri.

Bayangkan saja berapa juta botol plastik yang digunakan setiap hari oleh penjual jus? Kini tak ada salahnya jika Anda membuat jus dari rumah atau meminta ditempatkan dalam gelas.

4. Gunakan wadah yang bisa digunakan kembali.

Daripada membungkus makanan dalam pembungkus yang akan Anda gunakan sekali dan buang, kenapa tidak memilih benda yang bisa digunakan kembali sebagai gantinya.

5. Bawa tas kain saat Anda pergi berbelanja.

6. Hindari produk sekali pakai.

Pisau cukur sekali pakai, botol sampo, piring, cangkir, sarung tangan dan semua barang yang terbuat dari plastik, yang merupakan limbah kolosal. Maka pilihlah produk tahan lama, sebaiknya yang tidak terbuat dari plastik.
(fny/chi/jpnn/sam)

Respon Anda?

komentar