Ajang Penjaringan Atlet Popwil, 117 Pesilat Unjuk Gigi

676
Pesona Indonesia
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat membuka Pordida tingkat Sumbar di kampus UBH Aia Pacah (5/4). Sebanyak 117 pesilat ujuk gigi di 23 kelas yang di perebutkan. Foto: Zulkarnaini/ Padang Ekspres/JPG
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat membuka Pordida tingkat Sumbar di kampus UBH Aia Pacah (5/4). Sebanyak 117 pesilat ujuk gigi di 23 kelas yang di perebutkan. Foto: Zulkarnaini/ Padang Ekspres/JPG

batampos.co.id – Sebanyak 117 pesilat se-Sumbar, dari 17 kabupaten/kota di Sumbar kecuali Kota Solok dan Solsel, ikut ambil bagian dalam Pekan Olahraga Beladiri Daerah (Porbida) tingkat Sumbar di Kampus III UBH Aia Pacah, kemarin.

Iven yang dibuka Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit itu mempertandingkan sebanyak 23 kelas. Dari jumlah itu, sebanyak 17 kelas di antaranya merupakan kelas laga. Sisanya merupakan kelas seni.

“Ini bagian dari upaya kita dalam mengalihkan perhatian generasi muda Sumbar, agar tidak terpengaruh dengan narkoba,” ujar mantan Bupati Pessel tersebut kepada wartawan, usai pembukaan, Rabu.

Selain untuk memberikan kesempatan kepada para pesilat Sumbar untuk menambah jam terbangnya, iven ini juga sebagai ajang seleksi pesilat pelajar Sumbar yang akan diturunkan pada Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) yang akan dilaksanakan di Pekanbaru dalam waktu dekat ini.

Karena itu, pesilat terbaik di iven ini nantinya berhak diturunkan pada pesta olahraga pelajar tertinggi di pulau Sumatera nanti. Meski pesilat tersebut bukan atlet binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumbar.

“Kami minta kepada para atlet untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin, untuk bisa memperkuat tim silat Sumbar di Popwil nantinya,” ujar Kadispora Sumbar, Priadi Syukur seperti dikutip dari Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Selasa.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga (PPO) Dispora Sumbar, Rafli Efendi menjelaskan, untuk pelaksanaan Pordida tahun ini hanya mempertandingkan cabang olahraga beladiri yakni tinju, pencak silat dan judo.

Sedangkan untuk cabang permainan, Dispora juga memiliki iven lainnya untuk mempertandingkan cabang tersebut. “Jadi usai silat ini, juga akan ada Pordida judo nantinya,” ujar Rafli Efendi diamini Kasi Olahraga Prestasi, Rasydi Sumetry.(RPG)

Respon Anda?

komentar