Bangkai Kapal Terbakar, Pekerja Galangan Kapal Tanjunguncang Berhamburan Selamatkan Diri

1433
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Salah satu kapal yang berada di dalam kawasan industri galangan kapal PT Batam Mitra Sejahtera (BMS), Tanjunguncang, Batuaji terbakar, Rabu (6/4) sekira pukul 12.00 WIB.

Informasi yang diterima di lapangan, kapal yang terbakar itu merupakan kapal rusak dan diinformasikan akan discrabkan oleh pihak perusahaan. Kebakaran terjadi diduga karena kesalahan teknis dari pekerja saat mencoba memotong badan kapal tersebut.”Tadi pukul 12.00 WIB, ada bunyi sirine kebakaran terus ada asap tebal dari dalam perusahaan,” kata Roy salah satu warga di dekat galangan kapal itu.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, sebab pihak perusahaan melalui sekuriti di gerbang masuk perusahaan menolak untuk diliput. Bahkan kepada wartawan, sekuriti mengatakan kalau informasi kebakaran itu tak benar. “Tak ada kebakaran di sini. PT lain kali,” kata salah satu sekuriti sambil menutup gerbang perusahaan.

Sementara warga dan pekerja di sekitar lokasi BMS mengakui ada kebakaran di dalam perusahaan galangan kapal itu. Warga bahkan mengatakan ada mobil pemadam kebakaran yang masuk ke dalam kawasan perusahaan beberapa saat setelah mendengar sirene kebakaran. “Ada kok mobil pemadam masuk tadi,” kata Roy.

Meskipun tak diakui pihak perusahaan, namun akibat kebakaran itu, sempat membuat sejumlah pekerja di dalam kawasan perusahaan khawatir dan lari berhamburan ke luar dari kapal tempat mereka bekerja. “Banyak yang lari keluar tadi,” kata Hironimus warga lainnya.

Bahkan sejumlah pekerja lain yang berada di atas crane juga turun melepaskan pekerjaanya akibat kepulan asap tebal kebakaran itu. “Khawatir saja, memang agak jauh sih jaraknya, tapi asapnya sampai ke sini makanya turun kami dari crane,” ujar Syamsudin pekerja lainnya.

Tidak saja pekerja, sejumlah petugas Bea dan Cukai di kantor pos BC cabang Tanjunguncang serta pekerja di perusahaan-perusahaan lain di dekat kawasan PT BMS itu, juga mengaku sempat khawatir dengan asap tebal dari sumber kebakaran itu.”Asapnya lumayan tebal, tapi sebentar saja,” kata salah satu petugas BC Batam di dekat lokasi PT BMS.

Kebakaran itu tak sempat dilaporkan ke pihak kepolisian, sebab berhasil diredamkan oleh pihak perusahaan dan pemadam kebakaran. (eja)

Respon Anda?

komentar