BW Minta KPK Usut Nama WNI di Panama Papers

1790
Pesona Indonesia
Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Foto: dokumen JPNN.Com
Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.
Foto: dokumen JPNN.Com

batampos.co.id – Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengharapkan lembaga penegak hukum tidak mendiamkan nama-nama warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi klien firma hukum asal Panama, Mossack Fonseca. Menurutnya, KPK dan Kejaksaan Agung semestinya mendalami nama-nama WNI klien Mossack Fonseca sebagaimana bocoran dokumen Panama Papes.

“Kalau gua penegak hukum ambil inisiatif, bisa KPK dan Kejagung. Yang jelas bukan kepolisian karena ini sudah beyond (kasus di mancanegara, red),” kata BW di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/4).

Menurutnya, langkah awal yang bisa diambil KPK dan Kejaksaan Agung adalah dengan mengonfirmasi langsung nama-nama yang tercantum di Panama Papers ke pihak Mossack Fonseca itu. Sebab, ada dugaan klien firma hukum asal Panama itu adalah perusahaan atau figur-figur yang menyembunyikan aset untuk menyiasati kewajiban pajak.

“Setidak-tidaknya bikin pertemuan untuk klarifikasi ini apa. Ini sesunguhnya apa yang sih terjadi? Itu yang harus diklarifikasi lebih dulu,” ujar pria yang lebih beken disapa dengan inisial BW itu.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK La Ode M Syarif menyatakan, pihaknya tak mendiamkan dokumen Panama Papers. “KPK mempelajari nama-nama yang ada di dokumen itu,” katanya.(put/jpg)

Respon Anda?

komentar