Perdana Menteri Islandia Mundur, Korban Pertama Panama Papers

668
Pesona Indonesia
PM Islandia Sigmundur David. Foto: panamapapers.icij.org
PM Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson. Foto: panamapapers.icij.org

batampos.co.id – Nama-nama pesohor dunia, mulai dari pejabat pemerintahan, politisi, hingga pebisnis yang terjantum di Panama Papers yang dibocorkan konsorsium jurnalis investigasi internasional (ICIJ) akhirnya menelan korban pertama. Perdana Menteri (PM) Islandia, Sigmundur David Gunnlaugsson yang namanya tertera di Panama Papers itu mengundurkan diri, Selasa (5/4/2016) malam waktu Islandia.

Sejak nama sang Perdana Menteri muncul di koran, publik Islandia marah. Mereka menduduki gedung Parlemen di kompleks pemerintahan, sejak Senin (4/4/2016) malam waktu Islandia. Mereke menuntut Sigmundur David Gunnlaugsson, mundur.

Ya, dokumen Panama Papers menyebut tokoh 41 tahun tersebut membeli perusahaan offshore di British Virgin Islands (BVI) pada 2007. Hal ini memantik amarah publik Islandia yang menilai PM Sigmundur David Gunnlaugsson tidak transparan dan diduga membeli perusahaan itu untuk menghindari pajak.

Nama Presiden Tiongkok, Xi Jinping, juga muncul di Panama Papers. Namun hal yang dilakukan Xi Jinping  justru menertibkan media dalam negeri yang ikut menyebarluaskan berita itu.

Lembaga pemerintah yang mengatur lalu lintas dunia maya pun langsung membatasi akses masyarakat terhadap berita tersebut.

Di Tiongkok, kata kunci “panama” hanya akan mengarahkan netizen pada berita-berita di luar skandal tersebut. Atau, jika kebetulan muncul berita tentang Panama Papers, isinya hanya artikel tentang keterlibatan beberapa pemain sepak bola kelas dunia. (dee/wir/bay/dim/owi/gun/ap/hep/c5/c7/c9/kim/flo/jpnn)

Baca Juga:
> Soal Panama Papers, Ini Kata Pencetus RUU Pengampunan Pajak
> 2.961 WNI di Panama Papers, Menkeu: Satu Negara Saja Ada 6.000 Rekening
> Ada Nama Pengusaha Batam Eddy Hussy di Panama Papers
> Menkeu: 6.000 WNI Punya Rekening di Salah Satu Negara

Respon Anda?

komentar