Server Rusak, Masyarakat Belum Dapat Rekam KTP Elektronik

711
Pesona Indonesia
Kadisdukcapil Kabupaten Lingga Ayuzar. foto:wijaya satria/batampos
Kadisdukcapil Kabupaten Lingga Ayuzar. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lingga Ayuzar menyampaikan kerusakan server perekaman KTP elektronik di Dinasnya saat ini telah dapat ditangani dengan menggunakan server milik Kecamatan Senayang. Namun masyarakat belum dapat melakukan perekaman karena terjadi gangguan pada jaringan. Disdukcapil hanya memiliki satu server dan telah berumur tua sehingga sering mengalami kerusakan.

“Server ini sudah ada sebelum saya menjadi kadis di sini (Disdukcapil, red). Sudah dua kali rusak,” ujar Ayuzar ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/4).

Dalam beberapa waktu terakhir, server perekaman KTP elektronik Disdukcapil telah mengalami kerusakan hingga dua kali. Untuk perbaikan server tersebut juga memakan waktu lama karena harus dibawa ke Adminduk di Jakarta.

Perbaikan server perekaman pernah memakan waktu hingga satu bulan. Tak ayal, pelayanan masyarakat terhambat dalam hal perekaman KTP elektronik. Untuk mengatasi kerusakan serve kedua kali ini, Disdukcapil mengambil inisiatif dengan meminjam server Kecamatan Senayang.

Untuk itu, Ayuzar telah berkoordinasi dengan Pemkab Lingga untuk segera mengambil tindakan mengatasi kendala server berumur tua yang hanya satu unit tersebut dengan pengadaan sever baru. Sebagai ganti ataupun dapat berfungsi sebagai cadangan jika server lama mengalami kerusakan.

Tak hanya itu, hingga saat ini masyarakat juga belum dapat mengajukan perekaman KTP elektronik di Disdukcapil karena terkendala gangguan jaringan. Namun Ayuzar mengaku telah menyampaikan kondisi tersebut ke pusat sebagai bahan pertimbangan.

“Memang selain gangguan jaringan ada juga pertanggal 2 April pusat melakukan upgrade aplikasi sehingga seluruh dukcapil se Indonesia belum dapat konekting,” ujar Ayuzar.

Ayuzar juga mengaku selain upgrade aplikasi di pusat, jaringan yang digunakan Disdukcapil saat ini masih mengalami kendala namun telah ditangani oleh operator dengan menurunkan teknisi langsung dari pusat.

Ayuzar menambahkan, pusat melakukan upgrade aplikasi yakni penambahan data untuk KTP elektronik bagi orang asing (OA). Sejak penambahan aplikasi tersebut, hingga saat ini Administrator Data Base (ADB) Disdukcapil Kabupaten Lingga belum dapat terhubung dengan pusat. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar