Perkuat Investasi Bintan, Apri Jaring Masukan Pengusaha

674
Pesona Indonesia
Bupati Bintan menjaring masukan pengusaha di Hotel Hermes Agro, Rabu (6/4). foto:ist
Bupati Bintan menjaring masukan pengusaha di Hotel Hermes Agro, Rabu (6/4). foto:ist

batampos.co.id – Karena investasi adalah keniscayaan, Pemerintah Kabupaten Bintan tidak memandang sebelah mata sektor yang diyakini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakatnya ini. Bupati Bintan Apri Sujadi merasa perlu menjaring masukan-masukan dari pengusaha.

“Agar rencana mereka bisa sesuai dengan regulasi pemerintah daerah yang ada. Kami ingin ada sinkronisasi dan sinergi pemerintah dan swasta,” ucap Apri, ditemui usai kopi pagi bersama pengusaha di Hotel Hermes Agro, Rabu (6/4).

Dari pertemuan tersebut, Apri mengungkapkan, sebagian besar kendala yang dikeluhkan pengusaha yang beraktivitas di Bintan menyangkut pengurusan administrasi dan birokrasi. Apalagi, sambungnya, ada sejumlah aturan investasi yang belum selaras antara pemerintah pusat dan daerah. “Ini yang bikin pengusaha bingung, jadi seputar itu yang mereka sampaikan tadi,” kata Apri.

Menurut Apri, sinkronisasi peraturan di pemerintah pusat dan daerah mesti rinci. Sehingga tidak ada miskomunikasi dalam penerbitan izin investasi di daerah. Pemerintah Kabupaten Bintan, tegas Apri, siap memfasilitasi keluhan pengusaha ini ke pemerintah pusat. Bahkan, dalam waktu dekat ini, sejumlah pengusaha dan satuan perangkat kerja daerah terkait bakal menemui sejumlah instansi yang mengatur investasi di tataran pemerintah pusat.

“Daripada mesti menunggu, ada baiknya langsung kami yang menjemput bola,” ujar bupati yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kepri ini.

Dalam skema pembangunan investasi di tahun 2017 mendatang, Apri menuturkan ada peluang perubahan tata ruang. Karena itu, masukan-masukan yang didapatinya hari ini diupayakan bisa menjadi tolok pembandingan dan penyelesaran dengan rencana perubahan tata ruang.

Soal jenis investasinya, Apri menjelaskan, pariwisata masih menjadi jenis investasi paling menguntungkan di Bintan. Segala jenis penanaman modal berkenaan pariwisata bakal sepenuhnya mendapat dukungan dari pemerintah daerah. “Asal segala aturan mainnya sudah dipenuhi,” ucapnya. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar