Ironman Bintan 70.3 Kembali Digelar Agustus

793
Pesona Indonesia
Triathlete Ironman 70.3 Bintan 2015 sedang bersiap di garis start pantai Lagoi Bay. Gelaran perdana yang menuai sukses dan berhasil mendatangkan banyak wisatawan, membuat panitia tak berpikir ulang untuk menggelarnya kembali di tahun 2016. F. Fatih Muftih/Batam Pos.
Triathlete Ironman 70.3 Bintan 2015 sedang bersiap di garis start pantai Lagoi Bay. Penyelnggara akan menggelarnya kembali di tahun 2016. F. Fatih Muftih/Batam Pos.

batampos.co.id – Penyelenggaraan ajang triathlon berlabel Ironman Bintan 70.3 yang digelar kali perdana tahun 2015 lalu menuai kepuasan di mata penyelenggara dan atlet-atlet. Sehingga ini menjadi tolok ukur awal bahwasanya Bintan mampu menjadi daerah penyelenggara ajang sekelas Ironman, yang merupakan kali pertama digelar di Indonesia.

Perwakilan MetaSport selaku penyelenggara, Nathalie Marquet mengaku, timnya sudah lagi tak pernah menyimpan keraguan bila menyelenggarakan kegiatan di Bintan. “Apalagi MetaSport dan Pemerintah Kabupaten Bintan sudah bekerjasama sejak beberapa tahun lalu,” kata Nathalie, melalui pesan elektronik.

Sebab itu, tahun ini, Nathalie memastikan Ironman Bintan 70.3 tetap akan kembali dilaksanakan. Bila sesuai agenda, rencananya kompetisi adu cepat berenang, bersepeda, dan berlari ini bakal ditaja 27-28 Agustus mendatang.

Semangat penyelenggara kian memuncak mengingat rute baru di seputar kawasan wisata Lagoi Bay juga menjadi jaminan bakal lebih berkesan bagi peserta. Kesiapan fasilitas hingga saat ini masih terus digesa. Termasuk juga perampungan beberapa hunian berkelas yang masih dalam tahap pengerjaan. “Penambahan dan pengembangan infrastruktur akan kian menambah minat peserta dari seluruh dunia. Saya yakin itu,” kata Nathalie.

Kepuasan penyelenggaraan Ironman Bintan 70.3 tidak hanya datang dari penyelenggara saja. Sebelumnya ditemui usai gelara, atlet dunia sekelas Gina Crawford juga mengatakan, penyelenggaran ajang triathlon di Bintan memang termasuk salah satu yang dinantikan. “Saya selalu antusias dengan triathlon di Bintan. Apalagi tahun ini Ironman 70.3 juga sudah ada di Bintan,” kata triathlete wanita tercepat pada Ironman Bintan 70.3 2015 ini.

Selain profesionalisme para penyelenggaranya, Gina menambahkan, panorama alam Bintan yang menjadikan dirinya selalu terkesan bisa mengikuti setiap kegiatan triathlon di Bintan. “Ini bukan kali pertama saya datang ke Bintan. Saya sudah jatuh cinta dengan tempat ini. Kalau tidak cedera dan tahun depan ada Ironman 70.3 lagi, saya pasti ikut,” tutur triathlete berkebangsaan Selandia Baru ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira juga tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya ketika Ironman Bintan 70.3 yang notabene kali pertama digelar secara nasional sekaligus mendapatkan atensi bagus dari Kementerian Pariwisata RI, sukses digelar. “Ini kerja sama dengan banyak pihak. Tentu jadi kesuksesan bersama,” kata Luki.

Dalam setiap penyelenggaran kegiatan kepariwisataan, kata Luki, Pemkab Bintan akan mengusahakan yang terbaik. Pasalnya, selain atas nama baik daerah dan Indonesia, fakta yang tak bisa dikesampingkan adalah sektor pariwisata merupakan pendulang terbesar pendapatan asli daerah (PAD).

“Apa-apa yang kurang akan kami perbaiki setiap tahunnya. Bersama pihak Kementerian Pariwisata, kami optimistis dalam waktu lima tahun ke depan, Bintan bisa menjadi destinasi wisata kelas dunia,” pungkas Luki. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar