Tahun Ini Dibangun 181 KUA Baru

544
Pesona Indonesia
Kakanwil Kemenag Kepri, Marwin Jamal mengatakan tahun ini akan dibangun 181 KUA baru. foto:istimewa
Kakanwil Kemenag Kepri, Marwin Jamal mengatakan tahun ini akan dibangun 181 KUA baru. foto:istimewa

batampos.co.id – Kantor Kementerian Agama Wilayah Kepulauan Riau bertekad mewujudkan pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA) bisa berlangsung prima dan bersih. Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Marwin Jamal menilai, hal ini jadi penting lantaran keberadaan KUA merupakan ujung tombak pelayanan keagamaan dalam lingkup terkecil sebuah masyarakat.

“Inilah tugas besar bersama yang semakin hari mesti semakin diperbaiki kinerjanya,” kata Marwin, pada acara Rapat Koordinasi Bina Masyarakat Islam di Hotel Aston, kemarin.

Terlebih dalam rencana kerja tahun ini, kata Marwin, akan dibangun sebanyak 181 KUA yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau dapat juga disebut Sukuk Negara. Karena itu, dalam rangka menyambut pembangunan KUA baru itu, Marwin menilai perlu juga menyiapkan sumber daya manusianya yang memadai. Rakor ini, kata dia, juga bertujuan untuk membentuk mental petugas KUA yang kompatibel dan prima.

“Kemenag pusat juga akan membuat program menyapa penyuluh sebagai interaksi antara penyuluh dengan Menteri Agama. Kami meminta agar KUA bisa merespon dengan cepat gagasan ini dengan mengaktifkan penyuluh di daerah,” ungkap Marwin.

Sementara Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri Erman Zaruddin menambahkan rakor tahun ini diharapkan berbeda dengan rakor pada tahun sebelumnya.

“Rakor pada tahun ini akan menjadi ajang koordinasi yang benar-benar bisa menghasilkan sesuatu yang positif. Kami ingin semua bisa dijalankan dengan baik, oleh karena itu Rakor ini penting untuk menghasilkan persamaan persepsi,” kata Erman.

Erman juga menyoroti ketentuan biaya nikah yang Rp 0 jika dilakukan di kantor KUA. Menurutnya pihaknya sudah melaksanakan ketentuan tersebut dengan sangat ketat. “Namun apakah ketika warga meminta form N1, N2, dan N3 di kelurahan sudah gratis? Saya kira ini yang harus kita dorong agar N1, N2, dan N3 di kelurahan juga bisa digratiskan sehingga sama dengan di KUA,” tambah Erman. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar