Negara Tak Akan Lagi Terima PNS Non Sarjana

992
Pesona Indonesia
Ilustrasi PNS. foto:jpnn
Ilustrasi PNS. foto:jpnn

batampos.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi, menegaskan ke depannya pemerintah tidak akan lagi merekrut PNS yang belum sarjana.

“Sumber daya manusia aparatur harus profesional dan kompeten. Untuk mengerjakan tugas pemerintah bukan SDM yang banyak tetapi orang yang handal,” kata Yuddy saat menghadiri acara Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara (Forkonpan) di Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat (8/4).

Kini, PNS yang belum ataupun sudah sarjana akan diikutsertakan dalam program pensiundini. Rencananya program itu akan dijalankan 2017 mendatang.

Dikatakan Yuddy, untuk PNS non sarjana yang ada saat ini tidak langsung diberhentikan. Mereka akan diuji lagi kompetensi di 2017 mendatang.

Pegawai yang tidak kompeten, tidak berkinerja, dan tidak produktif dalam menjalankan tugas dan kewajibannya tentu akan dipensiunkan.

Menurut Yuddy, alasan pemerintah melakukan program pensiun dini, karena idealnya jumlah PNS itu 1,5 persen dari jumlah penduduk.
(esy/jpnn/sam)

Respon Anda?

komentar