Tidak Ada balas Jasa, Bupati Karimun Terapkan Sistem Asesmen

2256
Pesona Indonesia
Bupati Karimun Aunur Rafiq. foto:dok
Bupati Karimun Aunur Rafiq. foto:dok

batampos.co.id – Untuk melakukan perubahan jabatan, yakni mengangkat penjabat eselon dua dan tiga di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun di kepemimpinan Bupati Karimun, Aunur Rafiq akan menerapkan sistem asesmen sebelum menempatkan pegawai dijabatan tertentu.

”Untuk dalam satu atau dua bulan ke depan, memang saya belum akan melakukan mutasi di jajaran eselon tiga dan eselon dua, disebabkan ada ketentuan yang mengatur. Melainkan, mutasi baru bisa dilakukan pelaksanannya pada September mendatang. Namun, dalam pelaksanan mutasi nanti sudah sering saya sampaikan dalam setiap kali apel dan rapat bahwa tidak ada istilah balas jasa. Jangan berharap untuk itu,” teas Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Jumat (8/4).

Apalagi, lanjut Bupati, mulai saat ini untuk menempati jabatan di eselon tiga dan eselon dua, seorang pejabat harus mengikuti asesmen terlebih dulu. Hal ini untuk memastikan layak atau tidak layak pejabat untuk menduduki eselon tersebut. Sehingga, pada saat menjalankan tugas, benar-benar sesuai dengn kemampuan dan kebutuhan. Dengan kata lain, sudah benar-benar siap pakai.

”Asesmen memang salah satu hal yang penting. Tujuannya, untuk menguji kemampuan pejabat yang akan menempati eselon sesuai dengan pangkat. Artinya, jika tidak melalui asesmen, maka dikhawatirkan penempaatan tidak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, meski pangkat sudah tinggi, namun kemampuannya hanya di eselon tiga, maka tidak mungkin kita tempat di eselon dua,” paparnya.

Sekali pun, kata Rafiq, pangkat sudah mencukupi. Pemerintah tidak menginginkan salah dalam menempatkan personil untuk melayani masyarakat. Dikhawatirkan, nanti jika asal menempatkan tidak mampu dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang sudah diberikan. Selain itu, pemerintah juga tidak ingin di belakang hari menimbulkan permasalahan di internal dan juga masalah hukum. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar