Sani Disalatkan Ribuan Warga

2106
Pesona Indonesia
Jenazah Gubkepri HM Sani usai disalatkan di Masjid Agung Al hikmah Tanjungpinang, Sabtu (9/4/2016). Foto:Yusnadi/Batam Pos
Jenazah Gubkepri HM Sani usai disalatkan di Masjid Agung Al hikmah Tanjungpinang, Sabtu (9/4/2016). Foto:Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id -Sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Pusara Bakti Tanjungpinang, Sabtu (9/4/2016) siang hingga sore, ribuan warga melayat ke ruma Sani di Jalan Cempedak, Kota Tanjungpinang, sejak pagi.

Bahkan, pukul 07.30 WIB, Wakil Gubernur Kepri periode 2011-2015 Soerya Respationo bersama istri Rekaveny, Anggota DPR RI Dwi Ria Latifa, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, dan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Suparno yang kesemuanya kader PDI Perjuangan datang melayat.
Tampak hadir juga Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Kepri, Marganas Nainggolan yang juga merupakan Direktur Utama Batam Pos juga menyempatkan diri untuk melakukan takziah.

Setelah menjalani proses pengkafanan jenazah yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, sekitar pukul 10.38 WIB, jenazah Sani dibawa ke Masjid Agung Al-Hikmah, Tanjungpinang yang tidak jauh dari Gedung Daerah, Tanjungpinang.
Proses fardu kifayah atas jenazah almarhum selesai dilaksanakan pada pukul 12.45 WIB yang dipimpin oleh Ketua Lembaha Adat Melayu (LAM) Kepri, Abdul Razak, yang diikuti ribuan jamaah.
Kemudian sekitar pukul 12.50 WIB, jenazah sudah digedung daerah untuk mendapatkan penghormatan terakhir.
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang datang atas nama presiden tak lupa memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum.
Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi serah terima jenazah dari pihak keluarga kepada Pemerintah Indonesia untuk dimakamkan secara militer. Prosesi tersebut berjalan haru di pelantaran Gedung Daerah Tanjungpinang. Dalam kesempatan itu, anak sulung Gubernur Hery Andrianto yang menyerahkan langsung.
Inspektur Upacara yang akan memimpin pelaksanaan penyemayaman di Gedung Daerah tersebut adalah Danlantamal IV TNI-AL Laksamana S.Irawan. Sedangkan yang bertindak selaku Komandan Upacara dipimpin oleh Mayor Laut (S) Dharma S Lumban Gaol.
Setelah menjalani prosesi militer di Gedung Daerah Tanjungpinang, sekitar pukul 13.45 WIB jenazah sudah tiba di Taman Makam Pahlawan Pusara Bakti, KM 5 Tanjungpinang.
Sepanjang perjalanan yang melintasi Jalan Merdeka, Jalan Tengku Umar, Jalan Ketapang, Jalan Bakar Batu, Brigjen Katamso, MT Haryono dan Gatot Subroto, diramaikan masyarakat Tanjungpinang yang menghormati perjalanan terakhir Gubernur Kepri tersebut. Proses pemakaman selesai sekitar pukul 15.00 WIB.
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo bertindak sebagai inspektur upacara dalam rangkaian terakhir tersebut.
Sementara itu, suadara almahurm seperti Kadispeda Kepri, Isdianto dan beberapa saudara kandung lainnya memasukkan jenazah Sani ke liang lahat yang ditandai dengan tembakan senapan oleh prajurit TNI.
Setelah prosesi pemakaman selesai, keluarga dan kerabat serta warga Kepri lainnya mendoakan Sani. Saat itulah hujan air mata kembali terjadi. Anak Sani tak kuasa menahan tangis.
Selamat jalan Ayah Sani. (jpg/eggi/nur)

Respon Anda?

komentar