SMPN 01 Kundur, Di Sini HM Sani Mematri Prestasi

1540
Pesona Indonesia
SMP Negeri 01 Kundur. foto: imam sukarno
SMP Negeri 01 Kundur.
foto: imam sukarno

batampos.co.id – SMPN 01 Kundur, tak ubahnya seperti SMP lainnya. Bedanya di sekolah ini HM Sani pernah mengenyam pendidikan. Bedanya, di sini HM Sani mengukir prestasi. Ia satu-satunya siswa yang lulus ujian. Berkat prestasinya sekolah ini jadi negeri. Saat Sani sekola ia ialah sekolah partikelir alias swasta.

Kebayang, masih belia HM Sani sudah “menegerikan” sekolah swasta.

Pak Sani, demikia HM Sani kerap disapa, mulai sekolah di SMP ini sejak tahun 1956. Pak Sani tercatat sebagai siswa SMP ini pada tanggal 1 Agustus 1956.

Ia suka duduk di sudut kiri depan, persis di depan meja guru.

Kala itu tubuhnya kecil. Oleh sebab itu ia memilih duduk di bagian paling depan.

Sampai sekarang kelas itu masih terawat rapih. Kelas dimanna Pak Sani belajar kini menjad kelas 8-1.

Dari 23 siswa (catatan lain menyebut 28 siswa) yang menimba ilmu, hanya HM Sani dengan nomor induk sekolah 009 yang dinyatakan lulus pada tahun 1959. Prestasi itu tercatat dalam buku besar.

Begitu lulus, sekolah swasta tadi pun berubah menjadi SMPN 01 Kundur.

Kepala SMPN 01 Kundur Dra. Rahayu Kusrianti, M.Pd  menuturkan, “tahun 1959 SMP swasta berubah menjadi Sekolah Menegah Pertama Negeri 01 Kundur.”

Tepat tahun 2015 lalu, SMPN 01 memperingati HUT ke 56. Di sela perayaan HUT sekolah, almarhum sempat menyumbang satu unit sepeda motor sebagai door prize.

“Sebelumnya almarhum HM. Sani akan menghadiri perayaan HUT ke 56 SMPN 01 Kundur, namun karena kesibukan dan kesehatan almarhum tidak jadi datang,” ujar Rahayu.

Almarhum HM. Sani selalu mengingat ruang kelas dan tempat duduk bangku paling depan berhadapan dengan meja guru.

“Ruang kelasnya bersebelahan dengan ruang tata usaha sampai sekarang masih terawat dengan baik,” aku Rahayu Kusrianti. (ims)

Respon Anda?

komentar