Dapat Tambahan Pasokan Daya, Tiga Daerah di Sumsel Makin Terang

1185
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Dok.JPNN
Ilustrasi. Foto: Dok.JPNN

batampos.co.id – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali menambah pasokan daya di Wilayah Sumatera Selatan. Tambahan pasokan daya ini diperoleh setelah trafo ketiga Gardu Induk (GI) Lubuk Linggau masuk ke sistem Sumatera Selatan.

“Ini akan menambah pasokan serta kehandalan listrik, khususnya untuk pelanggan di kota Lubuk Linggau, Kabupaten Musi Rawas Utara, dan Kabupaten Musi Rawas,” ujar Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi seperti dikutip dari JPNN.com (Jawa Pos Group), Senin.

Dengan beroperasinya trafo 60 Mega Volt Ampere (MVA) pada 9 April 2016, maka total kapasitas trafo di GI Lubuk Linggau menjadi 150 MVA. Dengan rincian trafo I berkapasitas 30 MVA, trafo II berkapasitas 60 MVA dan trafo III berkapasitas 60 MVA.

Penambahan kapasitas trafo ini, sambung Agung bisa meningkatkan kehandalan listrik tiga daerah di Sumatera Selatan, terutama jika salah satu trafo harus dipelihara sehingga tidak menyebabkan pemadaman bergilir.

Agung menjelaskan, beban puncak di GI Lubuk Linggau pada siang hari mencapai 30 Megawatt (MW), dan 48 MW pada malam hari. Saat ini jumlah pelanggan PLN yang mendapat supplai dari GI tersebut adalah sekitar 152.174 pelanggan.

“Kami upayakan terus supaya lebih banyak lagi masyarakat yang bisa menikmati listrik melalui pembangunan infrastruktur listrik di berbagai daerah, termasuk Sumatera Selatan,” kata Agung dalam siaran persnya, Senin (11/4).

Selain GI Lubuk Linggau, pekan lalu, PLN juga telah menambah kapasitas di GI Muara Bungo di Provinsi Jambi melalui penggantian travo mobile berkapasitas 30 MVA menjadi 60 MVA. Sehingga kapasitas di GI Muara Bungo menjadi 120 MVA. (JPG)

Respon Anda?

komentar