Atasi Krisis Listrik, Lima Kontainer Mesin Genset dari Aceh Tiba di Nias

1421
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Dok.JPNN
Ilustrasi. Foto: Dok.JPNN

batampos.co.id – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menginformasikan perkembangan terbaru terkait penambahan pasokan listrik di Nias. Pada Minggu malam, pukul 24.00 WIB, lima kontainer dari Langsa sudah sampai di Nias.

Sebanyak lima kontainer itu berisi mesin genset berkapasitas 2×1500 kW, trafo daya, panel, dan kubikel. Pengiriman tersebut merupakan kloter pertama dari 23 kontainer, yang membawa 16 mesin genset dengan total kapasitas 12 Mw.

“Itu diberangkatkan dari PLTD Tualang Cut, Langsa sejak hari Kamis (7/4), kelima kontainer ini menempuh perjalanan darat hingga ke Sibolga,” ujar Manager Senior Public Relations, Agung Murdifi dalam siaran persnya, Senin (11/4).

Kemudian dari Sibolga, muatan menyebrang ke Nias menggunakan kapal yang disewa khusus oleh PLN untuk mengantarkan genset bantuan. Perjalanan memakan waktu selama 13 jam. “Total perjalanan dari Langsa menuju Nias mencapai sekitar 42 jam, darat dan laut,” beber Agung.

Bersamaan dengan lima kontainer dari Langsa, PLN juga mengirimkan dua mesin genset kapasitas 400 kVa dan 100 kVa dari wilayah Aceh di dalam kapal tersebut.

“Kloter pertama rombongan kontainer dari Langsa telah sampai pada Minggu malam. Diharapkan kloter-kloter berikutnya bisa segera sampai di Nias,” harapnya.

Sebelumnya, pemadaman listrik terjadi di Kepulauan Nias sejak Jumat malam (1/4) karena penyedia jasa sewa PLTD Nias melakukan pemutusan sepihak secara tiba-tiba. (JPG)

Respon Anda?

komentar