Gempa 5,9 SR Guncang Bengkulu, Warga Berhamburan Keluar Rumah

531
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Dok.JPNN
Ilustrasi. Foto: Dok.JPNN

batampos.co.id – Dua kali gempa mengguncang Bengkulu, Minggu (10/4) pagi. Gempa pertama pukul 09.14 WIB, berkekuatan 5,9 SR. Selang 1 jam kemudian, gempa susulan kembali terjadi dengan kekuatan 4,8 SR. Getar gempa susulan ini berguncang pukul 10.07 WIB.

Berdasarkan catatan seismograph Stasiun BMKG, gempa bumi berkekuatan 5,9 SR terjadi pukul 09:14:33 WIB, Minggu, (10/4). Pusat gempa berada dikoordinat 4,32 lintang selatan, 102,09 bujur timur. Sekitar 61 KM barat daya Bengkulu di kedalaman 16 KM.

‘’Sedangkan gempa kedua terjadi pukul 10:07:27 SR. Lokasinya berada dikoordinat 4,45 lintang selatan, 102,07 bujur timur sekitar 84 KM barat daya Seluma dikedalaman 20 KM,’’ jelas Kepala Stasiun BMKG Kepahiang, Litman seperti dikutip dari RAdar Bengkulu, Senin.

Getar gempa bumi yang mengguncang secara tiba-tiba itu kontan membuat kaget warga. Warga yang sedang berada di dalam rumah kontan berhamburan ke luar sambil berteriak ‘’gempa…gempa..!!’’.

‘’Ketika itu saya bersama anak dan istri saya sedang berada di dalam rumah. Tiba-tiba rumah terasa bergetar da beruncang. Lalu kami cepat-cepat ke luar. Saat itu, para tetangga juga berhamburan ke luar rumah,’’ jelas Waka I DPRD Kepahiang, Andrian Defandra, SE yang tinggal di Jalan Baru Kelurahan Pasar Ujung, Kepahiang.

Untung saja, gempa tektonik yang bergetar kuat itu tidak merusak bangunan dan barang-barang di dalam rumah warga. ‘’Kita cuma kaget sebentar. Makanya ketika gempa kedua bergetar kita tidak panic lagi,’’ sambung Andrian Defandra.

Kepanikan serupa juga dirasakan warga Desa Bukit Menyan, Bermani Ilir, Kepahiang. ‘’Saat itu, kami sedang menghadiri pesta pernikahan kakak di Simpang Bukit Menyan. Tiba-tiba rumah bergoyang. Akibatnya, para tamu undangan langsung berhamburan ke luar rumah dan tenda. Suasana saat itu sempat panic. Untung saja, gempa itu tidak sempat merusak bangunan rumah,’’ ujar Erlan Kanedi, SE. (JPG)

Respon Anda?

komentar