Lingga Miliki 18 Titik Labuh untuk Yacht yang Potensial

1202
Pesona Indonesia

yacht-cruisetolinggabatampos.co.id – Potensi wisata layar Lingga tak perlu diragukan lagi. Wilayah geograsifis berupa kepulauan, ratusan pulau kecil, 18 titik labuh potensial dimiliki. Letaknya strategis, berada diantara pulau Sumatra dan Kalimantan, disebelah Utara Singapura dan Malaysia sedangkan bagian selatan Bangka Belitung dan pulau Jawa.

Potensi inipun bahkan telah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Nasional 2015-2020 Republik Indonesia untuk peningkatan infrastruktur sarana dan prasarana yang memadai. Dari 18 titik labuh yang telah disurvei Kemenpar beberapa waktu lalu, 8 titik akan dimaksimalkan terlebih dahulu. Jumlah ini bahkan separuh dari titik labuh sepanjang laut di Indonesia dari timur ke barat sebanyak 33 titik labuh. Dengan adanya 18 titik, bukan tidak mungkin Lingga akan mampu bersaing dengan daerah lainnya menyerap tujuan wisata layar dunia internasional. Hal inipun bahkan, telah dibuktikan dengan kegiatan sail oleh yatchter dunia yang masuk ke wilayah Lingga sejak 5 tahun terakhir dengan berbagai event.

Kepala Bappeda Lingga, Muhammad Ishak mengatakan, targetnya 5 tahun kedepan karena telah masuk dalam RPJM Nasioanal, salah satu titik labuh akan dibangun representatif. Sebagai cekpoint yang memadai. Namun, sampai saat ini pemda belum menentukan titik mana yang akan dibangun. Pengkajian kata Ishak, masih terus dilakukan untuk membangun infrastruktur penunjang wisata layar.

“Kita perlu kajian lebih untuk melaporkan ke Kementrian. Agar nanti dibangun selayak-layaknya. Tahun ini Dishubkominfo akan mengkaji titik pembangunan pelabuhan yacht,” kata Ishak.

Karena telah masuk program nasional, cepat atau lambat kucuran dana pusat akan masuk ke daerah untuk melakukan pembangunan. Hanya tinggal kesigapan pemerintah daerah, menyiapkan kajian. Peluang ini, menuntut kinerja dan keseriusan pemerintah daerah mengusulkan potensi yang ada, tentunya dengan kajian yang matang.

“Nanti setelah dikaji, disediakan tempatnya yang tidak bermasalah dengan aturan, baru kita usulkan ke kementrian,” tutupnya.

Sejauh ini, wisata yacht dari berbagai event nasional hingga internasional, kerap merujuk Lingga sebagai titik yang harus di lalui para yachter. Meskipun, sejauh ini, fasilitas yang di sedikan Lingga masih sangat minim. Sejumlah titik labuh yang telah menjadi tujuan wisata layar di Lingga yakni, Sekeiling Batu Belubang, Benan, Mensanak, Rejai, Tanjung Kelit dan Sungai Tenam, Pena’ah, Penuba dan Jagoh, Mepar, Pulau Berhala, pantai Puaka Lang Teluk dan perairan Pekajang yang berbatasan dengan Bangka Belitung. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar