Sampah Perumahan di Tanjungpinang Belum Tertangani Maksimal

817
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tanjungpinang belum maksimal dalam menangani permasalahan sampah perumahan. Itu dibuktikan dengan masih terlihat menumpuknya sampah di pinggir jalan.

Seorang warga Batu Delapan Atas, Wido Bintari mengatakan, tumpukan sampah selalu terlihat di sepanjang Jalan DI Pandjaitan Batu Delapan. “Apalagi kalau pagi, pasti pemandangannya sampah. Tak cuma di Batu Delapan, saya juga selalu melihat tumpukan sampah hingga Batu Sebelas,” ujarnya, Minggu (10/4).

Menurut Wido, kondisi tersebut disebabkan kurangnya bak-bak sampah yang disediakan di pemukiman warga. “Memang agak jauh disini, harus ke daerah Jalan Peralatan,” ujarnya.

Ia berharap, Pemerintah Kota Tanjungpinang memiliki solusi terhadap persoalan sampah itu. “Mungkin bisa diinstruksikan ke Ketua RT atau RW untuk memantau warganya. Atau menyediakan petugas kebersihan yang mengambil sampah setiap hari,” ujarnya.

Kepala DKPP Kota Tanjungpinang, Almazuar Amal mengatakan, pihaknya memang baru melakukan penjangkauan sampah ke jalan-jalan protokol. “Kami baru bisa menangani sampah pemukiman sekitar jalan utama. Dan baru sebagian perumahan warga yang bisa ditangani,” ujarnya.

Dikatakan Almazuar, itu dilakukan sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) DKPP yang baru difokuskan kepada kawasan jalan raya, jalan protokol, dan kawasan pasar. “Tapi kami telah menempatkan kontainer sampah di beberapa titik pemukiman warga,” ujarnya.

Almazuar melanjutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan camat dan lurah, untuk mengontrol masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Sebagai solusi selanjutnya, pihaknya juga telah mengusulkan penambahan kontainer sampah sebanyak 21 unit di tahun 2016 ini.

Adanya penambahan kontainer sampah tersebut, kata Almazuar, diharapkan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar