BNPT Sudah Petakan Simpatisan Santoso Cs

936
Pesona Indonesia
Kepala BNNPT Tito Karnavian, saat masih bintang dua.
Kepala BNNPT Tito Karnavian, saat masih bintang dua.

batampos.co.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Tito Karnavian membeber jaringan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah. Menurutnya, kelompok militan yang berbasis di hutan pengunungan Poso, Sulawesi Tengah itu punya jaringan di daerah lain.

Tito mengatakan, Santoso Cs memang berbasis di wilayah Napu dan Lore Timur, Poso. Namun, simpatisannya memang menyebar.

“Kalau yang ada di daerah atas Napu‎ mereka tidak memiliki  simpatisan, kecil lah. Tapi kalau yang di bawah di daerah Poso Pesisir, Masani, Desa Tamanjeka, bahkan di Kota Poso ada beberapa simpatisan mereka. Karena mereka dengan teman-temannya pada saat konflik dulu ditambah teman-teman pada satu ideologi, itu ada sampai saat ini,” katanya di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (12/4).

Namun, Tito mengklaim BNPT sudah memetakan orang-orang yang pernah berhubungan dengan kelompok Santoso di masa lalu. Menurutnya, hasil pemetaan itu sudah dilanjutkan ke Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala untuk ditindaklanjuti.

“Ini kesempatan bagi teman-teman TNI-Polri untuk intensif melakukan pengejaran ke sana sebelum mereka kembali ke kolom lama. Karena di kolom lama ada simpatisannya,” bebernya.

Meski begitu, lanjut Tito, Satgas Tinombala tidak bisa serta-merta menangkap simpatisan kelompok Santoso. Sebab, tidak semuanya orang yang termasuk simpatisan itu menjadi prioritas pengejaran.

Namun demikian, ujar dia, BNPT selalu mengawasi orang-orang yang diduga pernah berhubungan dengan Santoso. Termasuk dengan mempersempit ruang geraknya.

“Jadi kami persiapkan beberapa kekuatan, pagar betis, dan lain-lain. Kalau mereka masuk ke sana (hutan Napu) akan lebih mudah untuk ditangkap,” tegas Tito.(mg4/jpnn)

Respon Anda?

komentar