Jago Merah Mengamuk, Belasan Kios di Bengkulu Terbakar

687
Pesona Indonesia
Belasan kios ludes dalam sekejab. Foto: PekanbaruMX/JPG
Belasan kios ludes dalam sekejab. Foto: PekanbaruMX/JPG

batampos.co.id — Belasan kios semi permanen dan satu ruko di Jalan Lintas Timur, RT02/RW04, Desa Kampung Baru, Kelurahan Sorek Satu, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau, ludes terbakar, Minggu (10/4) sore.

Musibah kebakaran yang terjadi itu tidak jauh dari Simpang MTS Al-Qosimiyah Sorek dan tidak ada korban jiwa. Tapi sebanyak 12 kios semi permanen dan satu ruko ludes terbakar, bersama barang dagangan milik para pedagang yang mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang berhasil dirangkum Pekanbaru MX api mulanya berawal dari salah satu kios bengkel sepeda motor Nasri milik Randi (30). Setelah api mulai membesar langsung menjalar ke seluruh bangunan sekitar tanpa bisa diredam oleh warga yang melakukan pemadaman secara gotong royong.

Ditambah lagi kondisi bangunan terbuat dari papan dengan mudah sijago merah membesar dan tiupan angin cukup kencang di bawah terik matahari sore tersebut. Hingga satu persatu kios milik warga yang digunakan tempat usaha dan rumah tinggal terbakar.

Sementara pemilik dan warga sekitar sebahagian memadamkan api dan juga mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam. Hingga arus lalu lintas di sekitar lokasi tempat kejadian perkara (TKP) alami kemacetan.

Api baru bisa dipadamkan beberapa jam kemudian, setelah mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Pelalawan dan mobil kebakaran dari PT Arara Abadi serta PT Musim Mas datang ke lokasi kejadian.

Paur Humas Polres Pelalawan Ipda M Sijabat SH membenarkan ketika dikonfirmasi Pekanbaru MX (Jawa Pos Group), mengenai adanya kebakaran yang meludeskan 12 unit kios serta satu ruko tersebut. ‘’Diduga api berasal dari cairan spritus. Sehingga meledak, sehingga membakar rumah bengkel sepeda motor milik randi,’’ ujar paur Humas.

Dipaparkan Paur Humas, bahwa beberapa orang warga mencoba untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun saat itu cuaca terik matahari dan angin cukup kencang, sehingga merambat ke rumah sebelah dan menghanguskan 12 unit kios dan satu unit ruko.

‘’Akibatnya, 12 belas bangunan semi permanen dan satu unit ruko hangus terbakar. Dalam insiden ini tidak ada korban jiwa, begitu juga kerugian materi belum bisa ditaksir, masih tahap penghitungan. Sementara para korban telah dievakuasi ke rumah tetangga dan keluarganya,’’ pungkas Paur Humas.(JPG)

Respon Anda?

komentar