Membangun Kinerja Sekretariat DPRD yang Profesional

808
Pesona Indonesia
Dr. Kukuh Pamuji, S.Pd., M.Pd., M. Hum dari Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negeri menjadi pembicara dalam pelatihan bidang persidangan dan produk hukum sekretariat DPRD Kepri di Hotel Harmoni, Jodoh, Batuampar yang diikuti seluruh pegawai sekretariat DPRD Kepri, Sabtu (9/4). F Dalil Harahap/Batam Pos
Dr. Kukuh Pamuji, S.Pd., M.Pd., M. Hum dari Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara menjadi pembicara dalam pelatihan bidang persidangan dan produk hukum sekretariat DPRD Kepri di Hotel Harmoni, Jodoh, Batuampar yang diikuti seluruh pegawai sekretariat DPRD Kepri, Sabtu (9/4). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 60 pegawai Sekretariat DPRD Kepri dan DPRD Kota dan Kabupaten se-Kepri menggelar pelatihan persidangan dan produk hukum Sekretariat DPRD Provinsi Kepri Tahun 2016 di Hotel Harmoni Nagoya, Batam, Jumat (8/4) sampai Minggu (10/4).

Ini merupakan kegiatan Sekretariat DPRD dalam meningkatkatkan kopetensi pegawai dan sekaligus membangun kinerja seketariat yang profesional di lingkungan Sekretariat DPRD. Sebagai pendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD sebagai wakil rakyat.

“Diharapkan semua peserta pelatihan dapat berkontribusi dan saling bertukar pengalaman dan sekaligus dijadikan  evaluasi untuk peningkatan pelayanan prima di Sekretaris DPRD dari masa ke masa,” ujar Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak dalam sambutannya.

Ia mengaku, untuk menjalankan tugas, Sekretaris DPRD tidak dapat bekeja sendiri. Oleh karena itu, mengingat pentingnya peran pegawai sebagai staf supporting Sekretaris DPRD dalam bekerja, maka difasilitasilah pegawai dalam meningkatkan kapasitasnya.

“Saya berharap semoga melalui forum ini akan lahir pemikiran-pemikiran yang konstruktif dan inovatif,” harapnya.

Sekretariat DPRD Provinsi Kepri, Hamidi, menyembutkan adapun yang mendasari pelaksanaan kegiatan pelatihan persidangan ini ialah Pasal 215 UU No 23 tahun 2014 tentang peraturan daerah, Peraturan Pemerintah No 16 tahun 2010 dan Perda No 4 tahun 2011.

“Tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Kepri dan struktur organisasi Sekretariat DPRD,” ucapnya.

Kegiatan pelatihan ini diisi dengan penyajian materi tentang penyusunan rencana kerja anggaran alat kelengkapan DPRD Kepri, penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan berbasis akhurual sekretariat DPRD Kepri, penyiapan konsep pidato resmi pimpnan DPRD dan pimpinan kelengkapan DPRD, penyiapan notulen, risalah dan berita acara rapat DPRD.

Dalam penyampaian materi pelatihan disampaiakan oleh Dirjen Bina Anggaran Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, yang diwakili Ihsan Dirgahayu dan pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara. Kukuh Pamuji beserta Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak.

Kukuh Pamuji berharap dengan adanya pelatihan ini mampu meningkatkan kapasitas SDM pegawai, khususnya dalam hal membuat risalah dan rancangan keuangan. “Diharapkan para pegawai bisa menulis dan menyiapkan pidato dengan baik,” harapnya.

Sehingga apa yang telah didapatkan dalam pelatihan ini bisa menjadi virus perubahan. “Kenapa disebut virus perubahan, karena agar nantinya apa yang disampaikan ini bisa disampaikan lagi kepada pegawai lain,” pungkasnya. (rng/bpos)

Respon Anda?

komentar