20 Tahun Jadi Perokok, Sam Bimbo Menyesal

583
Pesona Indonesia
Sam Bimbo. Foto: istimewa
Sam Bimbo. Foto: istimewa

batampos.co.id -Sempat dikabarkan meninggal, kesehatan Sam Bimbo ternyata semakin membaik. Bahkan, saat ini Sam Bimbo sudah kembali ke rumahnya setelah berhari-hari terbaring di rumah sakit Asri, Jakarta Selatan  karena ISPA (infeksi saluran pernapasan akut).

Pemilik nama asli Samsudin Hardjakusumah itu yang kini telah berusia 73 tahun, Selasa (12/4/2016) bercerita tentang penyakitnya.

Baca Juga: Musisi Sam Bimbo Dirawat di Rumah Sakit

Musisi dan juga pelukis tersebut menuturkan, penyakit yang diderita disebabkan kebiasaannya merokok.

’’Saya merokok sudah sekitar 20 tahun. Saya mendapatkan rokok itu semaunya. Akibatnya baru terasa sekarang,’’ kata Sam memulai ceritanya. Kondisinya memburuk ketika usianya semakin senja.

’’Saluran pernapasan, lambung, sampai ke leher terganggu semua. Dan biasanya terganggu saat usia semakin tua,’’ katanya.

Menurut dokter, tidak ada penyakit lain di dalam sistem pernapasannya selain ISPA.

’’Saya tidak ada kanker atau penyakit paru-paru basah. Saya selalu tidur tepat waktu. Ini hanya karena faktor terlalu banyak merokok dan kecapean,’’ ucapnya.

Memang, sebelum masuk rumah sakit, dia mengurus beberapa hal sehingga harus rapat terus-menerus. Dalam beberapa waktu mendatang, Sam akan istirahat total.

’’Tahun depan ada pertunjukan 50 tahun Bimbo. Saya sudah janji sama adik-adik semua untuk jaga badan,’’ ungkap Sam. Semoga terus sehat, Om Sam! (dod/c15/jan/sam/jpnn)

Respon Anda?

komentar