Dua Petugas Pajak Tewas Ditusuk, Jokowi Turut Berduka

2367
Pesona Indonesia
Jokowi minta kasus penusukan dua petugas pajak diusut tuntas, lewat akun twitternya, Selasa (12/4/2016) malam.
Jokowi minta kasus penusukan dua petugas pajak diusut tuntas, lewat akun twitternya, Selasa (12/4/2016) malam.

batampos.co.id – Keluarga besar Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan berduka. Dua petugas mereka menjadi korban penusukan hingga tewas di Jl Yos Sudarso, Desa Hilihao KM 5 Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara, Selasa (12/4/2016) sore.

Dua petugas Pajak yang tewas yakni Parado Toga Fransriano Siahaan (30) dan Sozanolo Lase (35‎).  Pelakunya bernama Agusman Lahagus (45).

Keduanya tewas setelah terlibat baku hantam dengan pelaku yang merupakan pengusaha karet.

Kejadian bermula saat Parado yang adalah juru sita di kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sibolga ‎dan Sozanolo, honorer di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan‎ (KP2KP) Gunung Sitoli, mendatangi tempat usaha pelaku.

Mereka hendak menagih tunggakan pajak senilai Rp 14 miliar. Sesampainya di sana, kedua korban menanyakan kapan tunggakan pajak akan dibayarkan.

Lalu terjadi cekcok dan korban ditikam oleh pelaku hingga tewas. Sebanyak 10 orang telah ditangkap polisi.

“Sebenarnya Nias tidaklah rawan. Makanya dua petugas juru sita pajak DJP Sibolga menyampaikan surat penagihan pajak atau surat paksa ke Nias yang berlokasi di kebun karet tanpa minta dikawal polisi,” kata Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi di Mabes Polri, Rabu (13/4/2016).

Surat tersebut, kata Ken, seharunys cukup diserahkan di kantor wajib pajak di Sibolga. Tapi karena direktur utama tidak berada di kantor, mereka membawa surat itu ke Nias hingga akhirnya terjadi tragedi itu.

Sementara itu, kasus ini sampai ke telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi turut berduka. Jokowi memerintahkan kepolisian mengusut tuntas pelaku kasus pembunuhan itu.

“Kita berduka atas terbunuhnya dua petugas pajak KPP Sibolga yang tengah jalankan tugas negara. Usut tuntas & hukum pelakunya! -Jkw,” tulis Jokowi dalam akun Twitter-nya @jokowi, Selasa (12/4/2016) malam. (beritasatu/ded/JPG/nur)

Respon Anda?

komentar