Nelayan pun Diajak Cegah Penyelundupan Narkoba

2151
Pesona Indonesia
Kasat Polair Polres Karimun, Iptu Fahmi (berdiri tengah-tengah) foto bersama dengan nelayan yang menerima bantuan life jacket. foto:sandi/batampos
Kasat Polair Polres Karimun, Iptu Fahmi (berdiri tengah-tengah) foto bersama dengan nelayan yang menerima bantuan life jacket. foto:sandi/batampos

batampos.co.id – Satuan Poliri Perairan (Sat Polair) Polres Karimun melaksanakan perpolisian masyarakat (Polmas) kepada masyarakat nelayan di Desa Pongkar, Selasa (12/4). Kegiatan yang dilaksanakan ini berkaitan dengan salah satu tugas untuk memberikan penyuluhan tentang keselamatan dalam aktivitas menangkap ikan di laut.

”Pertemuan kita laksanakan di tepi Pantai Pongkar, karena lokasinya memang menjadi tempat masyarakat nelayan tradisional turun ke laut dan melabuhkan kapal-kapal. Dalam pertemuan tersebut kita menjalin hubungan silaturahmi dan mengajak para nelayan tradisional untuk bekerja sama dalam rangka mengantisipasi masuknya narkoba dari jalur laut, mengingat wilayah Karimun memiliki banyak pantai,” ujar Kasat Polair Polres Karimun, Iptu Fahmi.

Kerja sama dengan para nelayan tradisional, katanya, untuk sama-sama menyatakan perang terhadap narkoba yang sudah beberapa kali dilakukan penangkapan. Khususnya, pelaku yang membawa dari Malaysia. Apalagi, laut Pongkar berbatasan langsung dengan perairan Malaysia. Selain itu, dia juga mengingatkan agar para nelayan dan juga pihak keluarga jangan sampai terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

”Dalam pertemuan tersebut, kita juga sempat memberikan bantuan berupa life jakcet atau pelampung keselamatan untuk 15 orang nelayan tradisional. Kita berharap pelampung keselamatan tersebut benar-benar dapat digunakan ketika akan akan menangkap ikan di laut. Karena, meski seorang nelayan pandai berenang, namun dengan memakai pelampung akan lebih memberikan rasa aman. Apalagi, saat ini pada malam hari angin kencang,” ungkap Fahmi.

Kegiatan patroli di perbatasan untuk mengantisipasi masuknya narkoba, Fahmi menyebutkan, pihaknya tetap laksanakan, terutama di sekitar perairan Karimun, salah satu sasarannya memang mengantisipasi masuknya narkoba. ”Selain patroli dalam rangka mengantsipasi masuknya narkoba, patroli yangn kita lakukan juga untuk mengamankan masuknya barang-barang ilegal yang dapat merugikan masyarakat dan negara,” jelasnya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar