Wagub: Benahi Pelabuhan Penagi, Atasi Inflasi Daerah

753
Pesona Indonesia
Wagub Kepri meninjau Pelabuhan Penagi Ranai. foto: aulia rahman/batampos
Wagub Kepri meninjau Pelabuhan Penagi Ranai. foto: aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun meninjau Pelabuhan Penagi Ranai, Selasa (12/4). Menurutnya Pelabuhan Penagi patut dibenahi untuk memperlancar bongkar muat barang sehingga mengatasi inflasi daerah.

Dalam rencananya, Pelabuhan Penagi akan diperlebar lagi yang memiliki fungsi berbeda. Selain bongkar muat barang, Pelabuhan Penagi diperuntukkan kapal penumpang. Saat ini sandar kapal juga terbatas.

“Pelabuhan mesti dilengkapi cran, supaya bongkar muat barang lebih lancar. Sekarang satu kapal bisa seminggu, harusnya satu selesai,” sebut Nurdin.

Pemerintah provinsi, kata Nurdin, akan memprioritaskan pelebaran dan menambah panjang Pelabuhan Penagi pada tahun 2017 mendatang. Agar lebih dari dua kapal bisa melakukan bongkar muat diwaktu yang sama.

Saat ini dikatakannya, Pelabunan Penagi hanya bisa menyadar dua kapal. Dan harus mengantre untuk proses bongkar muat.

“Bongkar muat barang lancar dan cepat, akan membantu atasi inflasi daerah. Barang kebutuhan pokok akan lebih murah dari harga sekarang,” kata Nurdin

Kepala Bappeda Pemprov Kepri Naharuddin mengatakan, dalam rencananya, Pelabuhan Penagi di Ranai akan ditambah panjangnya menjadi 120 meter. Dan sudah dikoordinaskan dengan Pemkab Natuna, nantinya bisa digunakan penurunan penumpang kapal dan barang.

Pembangunan nantinya, akan digunakan pola sharing anggaran APBN dan APBD pemprov, dan segera dikonsultasikan dan dikoordinasikan bersama Kementerian Perhubungan.

“Tahun 2017 Pelabuhan Penagi adalah prioritas. Kalau pengadaan cran, akan dilihat kekuatan anggaran,” kata Naharuddin.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar