Anambas Bakal Punya Entry Point Sendiri, Wisatawan Bisa Langsung Datang

711
Pesona Indonesia
Salah satu pulau yang berpotensi menjadi objek wisata di Anambas. foto:dok
Salah satu pulau yang berpotensi menjadi objek wisata di Anambas. foto:dok

batampos.co.id – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan Anambas dalam waktu dekat ini akan memiliki entry point sendiri. Jika itu sudah terealisasi, maka wisatawan asing dari negara-negara tetangga maupun dari negara lain, bisa langsung datang ke Anambas tanpa melalui Batam dan Bintan.

“Kita sudah sampaikan kepada Kementerian, untuk sementara ini pihak Kementerian meminta kesiapan daerah dulu,” ungkap Abdul Haris kepada wartawan Rabu (13/4) siang.

Dari syarat-syarat dasar, Anambas sudah memiliki karena di Anambas sendiri sudah ada Bea Cukai, Imigrasi, Karantina dan juga ada Pelabuhan. “Untuk pelabuhannya saat ini sedang dibangun di Letung,┬áKecamatan Jemaja oleh pemerintah Provinsi Kepri,” ungkapnya lagi.

Namun untuk sementara waktu sebelum pelabuhan itu jadi, kapal asing masih bisa menggunakan pelabuhan perikanan yang ada di Antang, Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan. Pelabuhan tersebut dipilih karena tidak ada pelabuhan lain yang layak. “Kita tidak bisa gunakan pelabuhan pelni atau pelabuhan ferry,” jelasnya.

Jika semuanya sudah berjalan, kata Haris, maka akan kelihatan betapa banyak potensi wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas ini. Dari sisi jumlah pulau saja sudah ada 255 objek wisata karena semua pulau memiliki keindahan alam.

“Anambas ini ada 255 pulau, 29 pulau sudah berpenghuni, masih ada 221 pulau lagi yang bisa dikelola karena semuanya memiliki potensi,” jelasnya.

Ia juga sangat berharap pengerjaan Bandara Letung bisa dipercepat sehingga akses transportasi menuju Anambas bisa lebih lancar sehingga memudahkan wisatawan asing menuju Anambas. Dengan adanya entry point wisatawan bisa dari jalur laut dan udara.

“Kita memiliki budaya yang merupakan modal besar dalam dunia pariwisata. Saya berharap, paguyuban-paguyuban yang ada di Anambas ini meningkatkan kebudayaan dan seni sehingga seni dan budaya di Anambas semakin berkembang,” tutupnya. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar