BC Batam Musnahkan Barang Bukti Hasil Penindakan

930
Pesona Indonesia
Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Nugroho.
Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Nugroho.

batampos.co.id – Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam melakukan pemusnahan barang-barang hasil penindakan. Adapun jenis barang-barang yang dimusnahkan KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam berupa bawang sebanyak 4.770 Kg, Sarden sebanyak 600 kaleng, barang kena cukai berupa minuman mengandung alkohol dengan berbagai merek sebanyak 965 botol dan 14.352 kaleng, dan rokok dengan berbagai merek sebanyak 1.794.480 batang.

“Atas barang-barang hasil penindakan tersebut, dalam jangka waktu yang ditentukan statusnya akan menjadi barang milik negara, dimana pengadministrasian dan pengelolaannya dilakukan oleh kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang,” ungkap Nugroho, Kamis (14/4).

Selanjutnya Nugroho menjelaskan untuk barang-barang milik negara tersebut sesuai persyaratan-persyaratan tertentu pemanfaatannya bisa dilelang, ditetapkan status penggunaan, dihibahkan, atau dimusnahkan berdasarkan keputusan Menteri Keuangan.

“Pelaksanaan pemusnahan harus sesuai dengan keputusan Menteri Lingkungan Hidup, tidak boleh menyebabkan atau berdampak pencemaran terhadap lingkungan. Maka dari itu, pelaksanaan pemusnahan kita lakukan di gudang Batuaji bekerja sama dengan PT Desa Air Cargo,” katanya.

Lebih lanjut Nugroho mengatakan alasan pihaknya bekerja sama dengan PT Desa Air Cargo karena mereka telah memiliki perlengkapan yang memadai dalam hal pemusnahan barang-barang.

“Mereka perusahaan yang sudah profesional dan telah kita percayakan dalam hal pemusnahan barang-barang,” pungkas Nugroho. (eggi)

Respon Anda?

komentar