Bea Cukai Amankan Bawang Merah yang Dibawa dari Batam ke Guntung

648
Pesona Indonesia
Petugas Bea Cukai mengamankan bawang merah dari Batam di pelabuhan Moro. foto:polister/batampos
Petugas Bea Cukai mengamankan bawang merah dari Batam di pelabuhan Moro. foto:polister/batampos

batampos.co.id – Sebanyak empat karung bawang merah yang ditaksir seberat 200 kilogram yang diangkut Speetbot Rachmat Jaya dari Batam tujuan Guntung yang singgah di Pelabuhan Mandah, Moro, diamankan petugas Pos Bantu Bea dan Cukai Moro, Rabu (13/4).

Ketika petugas Bea dan Cukai Moro melakukan pemeriksaan barang bawaan Speetbot Rachmat Jaya itu, ternyata ada temuan bawang merah bercampur dengan barang penumpang yang berada di atas dek ditutupi dengan kembes. Saat temuan bawang merah illegal itu tidak ada penumpang yang mengaku pemiliknya.

Makanya, Kepala Pos Bantu Bea dan Cukai Moro, A.Gapur mengamankan bawang merah itu ke Kantor Bantu Bea dan Cukai yang letaknya tak jauh dari pelabuhan Moro tersebut. Selanjutnya, Speedboat Rachmat Jaya itu melanjutkan perjalannya ke daerah Guntung dan Tembilahan.

Sedangkan empat karung bawang merah tanpa tuan yang sempat diamankan di Kantor Bantu Bea dan Cukai Moro itu langsung dikirim melalui kapal penumpang Buru Indah dari Moro ke Kantor Bea dan Cukai Karimun.

Kepala Pos Bantu Bea dan Cukai Moro A Gapur yang dihubungi Batam Pos di ruang kerjanya membenarkan telah mengamankan empat karung bawah merah itu dari Speedboat Rachmat Jaya dari Batam tujuan Guntung. Namun nakhoda maupun penumpang Rachmat Jaya tidak ada yang mengaku pemilik barang bawang putih illegal tersebut.

”Terus terang saja, kalau ikut hati nurani tak tega juga mengamankan empat karung bawang putih tersebut. Namun karena sudah ada ketentuan aturan yang disertai perintah atasan, mau tak mau ke empat karung bawang merah itu diamankan dan langsung diserahkan ke Kantor Bea dan Cukai Karimun,” tegasnya.

Sebelumnya, dalam catatan petugas Bea dan Cukai Moro, juga pernah mengamankan rokok merk Lukman dari Batam di pelabuhan Moro. Karenanya, prestasi yang ditoreh petugas Bea dan Cukai Moro, patut diberikan apresiasi yang proaktif melakukan pengecekan kapal tumpangan yang singgah di pelabuhan Moro.(pst/bpos)

Respon Anda?

komentar