Dua Bulan, Kunjungan Turis Asing Capai 14 Ribu

655
Pesona Indonesia
Sejumlah wisatawan yang baru tiba di pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang, belum lama ini. F.Yusnadi/Batam Pos
Sejumlah wisatawan yang baru tiba di pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang, belum lama ini. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Kota Tanjungpinang pada bulan Januari dan Februari 2016 mencapai 14 ribu orang. Jumlah turis asing tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2015 lalu, sebanyak 13.806 orang.

“Jumlah 14 ribu tersebut didominasi turis dari Singapura dan Malaysia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram, Rabu (13/4).

Dikatakan Esram, objek wisata yang kerap dikunjungi oleh Wisman adalah Pulau Penyengat dan Vihara Avalokitesvara Graha yang merupakan vihara terbesar di Asia Tenggara. “Wisman juga banyak datang ke Tanjungpinang untuk berburu kuliner. Karena Tanjungpinang merupakan surganya seafood,” ujar Esram.

Untuk lebih menarik jumlah turis asing, pihaknya berupaya membenahi Pulau Penyengat. Salah satunya dengan menambah dermaga sebagai pintu masuk di Kampung Datuk, Pulau Penyengat. Dermaga itu akan dibangun di tahun 2016 ini. “Jadi nanti ada pintu masuk dan keluarnya,” ujarnya.

Dengan begitu, turis yang datang dapat menikmati Pulau Penyengat secara menyeluruh. “Tidak hanya di satu titik, yaitu Masjid Penyengat saja. Jadi akan nampak kampung wisatanya,” ujarnya.

Esram berharap, tahun 2016 ini jumlah Wisman mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
“Mudah-mudahan tidak ada kejadian apapun yang dapat menghambat kunjungan Wisman,” tuturnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar