Gencarkan Operasi, Militer Filipina Tewaskan 24 Militan Abu Sayyaf

702
Pesona Indonesia
Kelompok militanb Abu Sayyaf. Foto: istimewa
Kelompok militanb Abu Sayyaf. Foto: istimewa

batampos.co.id – Filipina terus melancarkan operasi militer terhadap kelompok militan Abu Sayyaf yang berada di Pulau Basilan.

Dilansir situs berita The Philippines Star, operasi militer di masih dilakukan secara sporadis di wilayah perhutanan Tipo-tipo, Basilan.

Hal tersebut dilakukan untuk memojokkan sisa pasukan Abu Sayyaf yang menyergap dan membunuh 18 tentara Filipina pada Sabtu (9/14) .

’’Operasi masih terus dilanjutkan tanpa ada pembiaran terhadap sisa kelompok penyandera. Hasilnya, saat ini kami berhasil menangkap tiga anggota Abu Sayyaf di wilayah operasional,’’ ujar Juru Bicara Markas Komando Mindanao Barat Filemon Tan.

Ini merupakan kali pertama tentara Filipina bisa menangkap anggota kelompok Abu Sayyaf hidup-hidup.

Selama ini, militer Filipina selalu menemukan pasukan Abu Sayyaf terbunuh. Angka korban tewas dari pihak separatis tersebut sudah total 24 hingga kemarin.

Filemon menolak untuk memberikan keterangan detil identitas terhadap siapa saja yang berhasil ditangkap. Sebab, mereka bakal melalui interogasi yang menentukan langkah selanjutnya bagi operasi militer di Pulau Basilan.

’’Saat ini, kontak senjata berjalan secara sporadis tanpa korban dari pihak kami. Namun, kami harus hati-hati karena sisa anggota dikabarkan sudah dalam posisi bertahan,’’ ungkapnya.

Filipina mengerahkan lima batalyon ditambah dengan pasukan penyergap untuk memburu sekitar 80 pasukan kelompok Abu Sayyaf. Dalam wilayah Basilan, Kelompok Abu Sayyaf sendiri dipimpin oleh Isnilon Hapiolan dan Furuji Indama.
(bil/byu/kim/sam/jpnn)

Respon Anda?

komentar