Pemprov Matangkan Rencana Pembangunan 2017, Gelar Musrenbangprov Hari Ini

708
Pesona Indonesia
Kepala Bappeda Kepri, Naharudiin. foto:dok
Kepala Bappeda Kepri, Naharudiin. foto:dok

batampos.co.id – Pemerintah Provinsi Kepri mulai mematangkan rencana pembangunan daerah untuk tahun 2017 mendatang. Rencana tersebut akan difokuskan lewat Musyawarah Pembangunan Provinsi(Musrenbangprov) yang digelar hari ini, Kamis (14/4), di Aula Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang.

“Fokus pembangunan untuk tahun anggaran 2017, akan kita petakan lewat Musrenbangprov besok (hari ini, red). Rencananya akan dibuka langsung oleh Bapak Wakil Gubernur Kepri, Nurdin Basirun,” ujar Kepala Badan Perencananaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kepri, Naharuddin, kemarin.

Disebutkannya, kegiatan tersebut akan dihadiri oleh tujuh kementerian dari pusat yang akan menyampaikan terkait kebijakan pembangunan yang dilakukan oleh pusat. Karena harus ada sinergi pembangunan antara pusat dengan daerah. Adapun kementerian terkait yang akan hadir adalah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas, Kementerian Kekuatan dan Perikanan dan Kementerian Perhubungan. Masih kata Nahar, selain itu adalalh Kementerian Tata Ruang, Kementerian Koordinator Perekonomian.

“Melalaui Musrenbang akan kita susun rencana kerja pembangunan daerah untuk tahun depan. Arah kebijakan tetap mendorong pelayanan dasar yang menyangkut pendidikan, dan sektor kesehatan,” sebut Nahar.

Mantan Kadispenda Kepri itu juga mengatakan, titik persoalan yang akan dikupas bersama adalah terkait peningkatan infrastruktur di Kepri. Baik itu perhubungan, jalan dan darat. Kemudian untuk mendorong peningkatkan sektor maritim kelautan dan perikanan. Persoalan lainnya adalah berupaya untuk meningkatan sektor UKM dan Menangah.

“Rencana yang juga akan kita dudukan bersama adalah terkait program pengentasan kemiskinan di Provinsi Kepri. Kemudian pariwisata dan sektor-sektor lain,” paparnya.

Pria yang pernah duduk sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kepri tersebut juga mengatakan, kegiatan akan dihadiri langsung oleh Bupati dan Walikota di Provinsi Kepri. Ada juga Bappeda Kabupaten/Kota, dinas-dinas terkait, SKPD Pemprov Kepri, tokoh masyarakat, LSM, Perguruan Tinggi, tokoh pemuda dan oraganisasi lainnya. Dalam upaya untuk mendapatkan masukan-masukan.

Dutambahkannya, di dalam Musrenbang hari ini dibagi dalam empat kelompok. Yang terdiri dari bidang infrastruktur, ekonomi, kesra dan sosial. Selain itu adalah bidang hukum dan politik. Menurut Nahar, kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan pada anggaran 2016, akan diusulkan kembali lewat Musrenbangprov tahun ini.

“Tentunya nanti akan filter recana. Artinya pembangunan daerah, tetapi kepentingan nasional bisa didorong ke Musrenbangnas. Rencana disusun berdasarkan prioritas anggaran,” tutupnya.(jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar