Sering Kekenyangan dan Buang-Buang Makanan, Baca Ini

694
Pesona Indonesia
Kekeringan di Malawi tak hanya membuat gagal panen tapi juga ternak mereka mati. Negeri ini dilanda bencana kelaparan. Foto: http://theearthbook.com
Kekeringan di Malawi tak hanya membuat gagal panen tapi juga ternak mereka mati. Negeri ini dilanda bencana kelaparan. Foto: http://theearthbook.com

batampos.co.id -Makan enak sampai kekenyangan. Bahkan tak jarang buang-buang makanan. Pemandangan seperti itu jamak kita lkihat di Indonesia maupun negara-negara lain.

Meski kemiskinan di Indonesia masih terbilang tinggi namun mayoritas masih bisa makan enak.

Kondisi jauh berbeda dirasakan saudara-saudara kita di Afrika sana. Keelokan alamnya, keragam hayati dan satwanya seperti yang ditayangkan di televisi, tak berbanding lurus dengan kondisi ekonomi masyarakatnya.

Di wilayah Malawi misalnya. Kini dilanda kekeringan dan bencana kelaparan yang tak kunjung usai. Stok bahan pangan di negara itu kian tipis.

Kondisi yang makin parah tersebut, Presiden Malawi Peter Mutharika akhirnya menyatakan bahwa negaranya tengah mengalami kondisi darurat bencana nasional. Mutharika berharap agar ada bantuan kemanusiaan di Malawi.

”Bakal lebih banyak orang yang kekurangan makanan dan membutuhkan bantuan kemanusiaan selama kurun 2016-2017,” ujar Mutharika.

Kelaparan melanda beberapa wilayah di Afrika. Foto: istimewa
Kelaparan melanda beberapa wilayah di Afrika. Foto: istimewa

Program Pangan Dunia (WFP) menyebut saat ini telah memberikan bantuan terhadap 3 juta penduduk Malawi. WFP menjelaskan bahwa situasi di Malawi saat ini buruk karena tahun lalu panen mereka juga rusak akibat banjir parah yang melanda sebagian besar wilayah.

”Situasi saat ini cukup mengerikan dan saya yakin yang terburuk masih terjadi. Dibutuhkan waktu lama sebelum situasinya membaik,” kata David Orr, juru bicara WFP wilayah Afrika Bagian Selatan.

Hampir seluruh negara di wilayah Afrika bagian Selatan mengalami kekeringan parah. Misalnya saja, Zimbabwe, Mozambique, Zambia, dan Afrika Selatan. (AFP/Malawi24/sha/c14/ami/flo/jpnn/nur)

Respon Anda?

komentar