BP Batam Fokus Tertibkan Ruli di Kawasan Dam

920
Pesona Indonesia
Warga saat membersihkan enceng gondok di Dam Duriangkang beberapa waktu lalu. Foto: Immanuel Sebayang/ Batam Pos
Warga saat membersihkan enceng gondok di Dam Duriangkang beberapa waktu lalu. Foto: Immanuel Sebayang/ Batam Pos

batampos.co.id – Keberadaan rumah liar di sekitar dam terus menjamur. Deputi IV bidang pengusahaan sarana lainnya Purba Robert M Sianipar mengatakan penertiban rumah liar ini akan menjadi salah satu fokusnya. Ini penting untuk melestarikan dam yang ada di Batam.

“Kita akan urai, kita akan dudukkan bersama. Kenapa sampai banyak rumah liar di catchment area. Ini juga menjadi fokus kita,” kata Robert.

Menurutnya, daerah tangkapan air di sekitar dam harus steril dari bangunan. Pepohonan harus diperbanyak di sekitar dam. Perambahan hutan atau ilegal logging harus dihentikan.

“Ini tugas kita bersama-sama untuk menjaga kelestarian dam di Batam. BP Batam juga akan melakukan normalisasi dam,” katanya.

Memang, jumlah rumah liar di sekitar dam terus meningkat. Bahkan beberapa bangunannya sudah permanen. Bahkan untuk membuat rumah liar tersebut, harus menebang pohon. Bahkan ada yang membakar hutan di sekitar dam.

Yang paling memprihatinkan adalah perambahan hutan di sekitar Dam Mukakuning. Ruli di sana terus bertambah. Jaraknya hanya sekitar 300 meter dari dam. Bukit di sekitar Dam Mukakuning sudah gundul. BP Batam selama ini hanya berjanji untuk melakukan penertiban namun tak kunjung terealisasi.

Sementara itu Direktur Pengamanan BP Batam Cecep Rusmana mengaku akan melakukan penertiban. ia mengatakan akan melakukan penertiban secara bertahap. Ia juga mengakui bahwa di sana memang sudah banyak ruli. Tetapi tidak bisa langsung dilakukan penertiban secara menyeluruh.

“Kita akan lakukan penertiban. Ditunggu saja. Tetapi dilakukan bertahap. Tidak mungkin sekaligus, anggaran kita terbatas,” katanya.

Menurut Cecep, pihaknya sudah rutin melakukan operasi pemeliharaan dam yang ada di Batam. Misalnya melakukan penertiban keramba dan ladang warga di sekitar dam.

“Sudah beberapa kali kita lakukan penertiban di sekitar dam. Bahkan beberapa kali kita mengungkap illegal logging di sekitar Dam Duriangkang,” katanya. (ian)

Respon Anda?

komentar