Ketua LSM BP Migas Natuna Dibawa ke Batam, Resmi Ditahan

1226
Pesona Indonesia
 Muhammad Nazir. foto:net
Muhammad Nazir. foto:net

batampos.co.id – Ketua LSM Badan Perjuangan Migas Natuna, M Nazir resmi ditahan di Mapolda Kepri, sejak Kamis (14/4). Nazir diterbangkan menggunakan pesawat Wings Air dari Bandara Lanud Ranai menuju Batam, dengan dikawal anggota penyidik Polda Kepri.

Penangkapan M Nazir karena tidak bertanggung jawab atas penyaluran anggaran bansos yang sudah digunakan pada tahun 2011-2014 lalu, sekitar Rp 4 miliar lebih.

Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna Syamsurizon, tidak bersedia berkomentar terkait dugaan korupsi dana hibah bansos kepada LSM BP Migas.

“Tanya ke BPKAD saja lebih paham, saya tak pernah dilibatkan,” singkat Symasurizon, Kamis (14/4).

Penelusuran dilapangan, anggaran hibah bansos kepada LSM BP Migas ini, dalam proposalnya untuk memperjuangkan hak sebagai daerah penghasil. M Nazir sendiri merupakan pengurus Partai Demokrat Kabupaten Natuna.

LSM BP Migas ini, saat ini berkantor dikediaman M Nazir di jalan Adam Malik Bandarsyah. Rumah terbuat dari kayu sangat sederhana. Tidak terlihat aset kekayaan yang dimiliki M Nazir meski anggaran bansos miliaran rupiah diselewengkan. Rumah kayunya pun tanpa cat, masih tipe rumah lama dengn tiang-tiang kayu sebagai penyangga.

“Sehari hari bapak itu (M Nazir,red) pakai sepeda motor, tak kelihatan duitnya banyak dari tahun tahun lalu, rumahnya sangat sederhana,” ujar warga setempat.

Sekretaris LSM BP Migas Natuna, Fadli yang ditemui beberapa waktu lalu mengatakan, dari Rp 4 miliar anggaran bansos yang diterima hanya sekitar Rp 1 miliar lebih dilaporkan pertanggung jawaban penggunaannya.

“Pernah sekali melakukan seminar. Namun selebihnya, tidak tahu kemana sisa anggaran digunakan. Yang tahu bendahara sama ketua,” ujar Fadli.

Dalam kepengurusan LSM BP Migas ini terdapat pengurus partai di Natuna, sebelumnya LSM ini diketuai oleh Imalko saat ini Wakil Bupati Natuna, setelah pergnatian pengurus, Imalko tetap sebagai dewan penasehat LSM. Tidak hanya itu kepengurusannya yang laman terdapat nama Erianto, saat ini anggota DPRD Provinai Kepri.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar