Anggaran Terbatas, Pemkab Anambas Kurangi Tanggungan BPJS

521
Pesona Indonesia
Pelayanan di konter pendaftaran peserta BPJS Kesehatan. Foto: istimewa
Pelayanan di konter pendaftaran peserta BPJS Kesehatan. Foto: istimewa

batampos.co.id – Permasalahan di Anambas dewasa ini semakin komplek. Salah satunya yakni dalam bidang kesehatan. Dari mulai kurangnya dokter spesialis, lemahnya tenaga kesehatan yang diiringi banyaknya pasien yang berobat. Terakhir, muncul kabar pemerintah daerah tidak lagi mampu membayar premi BPJS lantaran keterbatasan anggaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas Said M. Damrie, mengatakan, pada Januari hingga Desember 2015 lalu, pihaknya masih bisa membayar premi kepesertaan BPJS secara penuh untuk 34.000 orang yang merupakan peleburan dari Jamkesda dengan anggaran kurang lebih Rp 22 ribu per bulan. “Pada tahun 2015 lalu kita masih bayar premi BPJS secara utuh,” ungkap Said kepada wartawan.

Bahkan pada tahun 2016 ini, kata Said, dari Januari sampai Maret juga masih bisa dibayar penuh, tapi mulai dari bulan April ini pemerintah daerah hanya membayar premi untuk 11 ribu orang saja itupun untuk masyarakat yang benar-benar tidak mampu.

“Sekarang ini sudah terdaftar ada 9.000 orang tinggal mencari 2 ribu orang lagi, itupun harus ada Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kepala desa setempat,” ungkap Said.

Sementara itu masih ada bantuan premium dari pusat untuk orang tidak mampu sebanyak 6500 orang yang benar-benar dibantu baik itu dari pusat maupun dari daerah adalah sebanyak 17.500 orang saja.

Sisanya kurang lebih 16.500 orang diharuskan menggunakan BPJS secara mandiri. Jadi masyarakat yang menjadi anggota BPJS mandiri harus membayar premi sendiri setiap bulannya. “Yang lainnya kita alihkan ke BPJS mandiri. Setelah kita telusuri, banyak warga Anambas ini yang mampu,”
ungkapnya.

Dirinya menambahkan pemda masih memiliki tunggakan pembayaran premi BPJS pada bulan Juni tahun 2015 lalu kurang lebih sebnyak Rp 600 juta. Namun rencananya akan dibayar dalam Perubahan APBD mendatang. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar