Jaga Kerukunan, Kedepankan Toleransi

1040
Pesona Indonesia
Nasjid dan gereja berdampingan di Bintan. Salah satu bentuk toleransi umat beragama. foto:fatih/batampos
Nasjid dan gereja berdampingan di Bintan. Salah satu bentuk toleransi umat beragama. foto:fatih/batampos

batampos.co.id – Menjadikan Kabupaten Bintan yang aman, rukun, tentram, dan guyub adalah keniscayaan. Menghindari perpecahan antarumat bergama juga sebuah kepastian. Sebab itu, Pemerintah Kabupaten Bintan senantiasa memberikan perhatian terhadap upaya-upaya menjaga Bintan yang rukun. Kepala Kantor Kementerian Agama Bintan, Erizal Abdullah juga tak memungkiri, keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) merupakan siasat untuk menuju Bintan yang guyub.

“FKUB ini adalah sarana menjaga kerukunan antarumat beragama. Harus bisa mengedepankan toleransi antarumat biar tercipta kerukunan di Kabupaten Bintan,” kata Erizal, kemarin.

Selain mengedepankan toleransi, tambah Erizal, ia berpesan agar setiap pemuka agama bisa lebih intens menjalin komunikasi dengan dialog dalam forum musyawarah bila terjadi gesekan antarumat beragama. “Misalnya, tentang pembangunan rumah ibadah masing-masing agama. Mesti disikapi secara bijak sesuai aturannya,” ujarnya.

Erizal juga mengharapkan, keberadaan FKUB Bintan bisa kian memperkokoh kerukunan antarumat beragama di Bintan. Juga bisa menjalankan peran serta fungsinya tersebut dengan baik. “Optimalisasi peran FKUB dalam peningkatan toleransi antarumat beragama serta kehidupan masyarakat yang harmonis menuju Bintan yang maju, sejahtera dan berbudaya,” katanya.

Kerukunan antarumat beragama, tambah Erizal, memang harus dijaga bersama-sama. “Yakni dengan menjaga toleransi antara satu dengan yang lain,” pungkasnya. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar