Lesung Bukan Sebarang Lesung, Ini Lesung Punya Kekuatan Magis

1804
Pesona Indonesia
Lesung Batu milik Keluarga Nawo-Datumbanua Subanen di Desa Tombatu. Konon, lesung ini dapat menjadi teleskop untuk melihat keberadaan musuh. FOTO: Andreas Pinontoan/Manado Post
Lesung Batu milik Keluarga Nawo-Datumbanua Subanen di Desa Tombatu. Konon, lesung ini dapat menjadi teleskop untuk melihat keberadaan musuh. FOTO: Andreas Pinontoan/Manado Post

batampos.co.id – Boleh percaya boleh tidak, ada lesung batu bertuah. Lesung Batu itu di Katuahan, milik Keluarga Nawo Datumbanua Subanen atau Tonaas Bako (setingkat camat) di Desa Tombatu I, Minahasa.

Menurut budayawan Jan Manoppo, kegunaan lesung batu di samping menumbuk biji pertanian, juga dijadikan tempat pembuatan ramuan obat tradisional oleh Walian Subanen.

Pada zaman perang melawan Bangsa Portugis yang ingin menguasai rempah-rempah di tanah Minahasa, para pendahulu menggunakan lesung batu seperti teleskop. Untuk melihat keberadaan tentara Portugis serta mengetahui ukuran wilayah dari suatu daerah.

“Jadi dulu ada dotu yang melakukan ritual adat dengan menuangkan air ke dalam lesung. Kemudian air dalam lesung akan kelihatan keberadaan musuh,” ungkapnya dilansir Manado Post.

Dulu, sekira tahun 1930 ada seorang petani ulet bernama Niklas Tumbelaka biasa dipanggil Tari. Ia dikenal sebagai orang yang rajin bekerja, tetapi juga pemberani. Saking beraninya, Tari menggulingkan lesung batu dari puncak Gunung Katuahan. Untung tidak pecah. Tapi, setelah pulang ke rumah, Tari jatuh sakit.

Sehingga dipanggillah orang pintar Tonsawang yang menyembuhkannya dengan ramuan magis. Meskipun ia sembuh, tetapi tidak bertahan lama Tari meninggal.

Akhirnya, sekira tahun 2000, sang pemilik Nenek Subane, muncul dalam mimpi salah seorang warga desa. Nenek meminta mengembalikan batu itu ke posisi semula di Gunung Katuahan.

“Setelah berkoordinasi dengan tua tua desa, diadakan ritual adat untuk mengembalikan batu itu. Hingga kini tidak ada yang berani menyentuh lesung ini,” ujar Manoppo.(JPG/fri/jpnn)

Respon Anda?

komentar