Tarif Baru Transportasi Darat dan Laut Berlaku Mulai Hari Ini

1349
Pesona Indonesia
Angkutan laut rute Batam-Tanjungpinang-Batam. Tarif baru transportasi di Kepri mulai berlaku harii. Foto: adly barahanani/tanjungpinangpos
Angkutan laut rute Batam-Tanjungpinang-Batam. Tarif baru transportasi di Kepri mulai berlaku harii. Foto: adly barahanani/tanjungpinangpos

batampos.co.id – Wakil Gubernur Kepri, Nurdin Basirun sudah meneken Surat Keputusan (SK) penetapan penurunan tarif transportasi darat dan laut di Provinsi Kepri, Jumat (15/4). Tarif tersebut mulai diberlakukan terhitung hari ini, Sabtu (15/4). Atas keputusan itu, apabila ada operator yang masih bandel, akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Alhamdulillah SK penurunan tarif dengan nomor 1731 tentang tarif angkutan penumpang umum dalam negeri antar kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Kepri sudah diteken oleh Bapak Wakil Gubernur, Nurdin Basirun, hari ini (kemarin,red),” ujar Kepala Bidang Perhubungan Laut, Aziz Kasim Djou, Jumat (15/4)

Disebutkannya, hasil keputusan tersebut juga sudah sampaikan kepada masing-masing operator. Tarif baru transportasi darat dan laut ini diberlakukan mulai hari ini. Ditegaskannya juga, kepada masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi baik darat maupun lalu, apabila ada operator yang masih bandel atau tidak menurunkan tarif lama, diharapkan membuat laporan kepada Dinas Perhubungan.

“Keputusan ini wajib hukumnya untuk dilaksanakan oleh operator. Jika masih ada yang bandel, laporakan kepada kami. Kami akan memberikan sanksi tegas sesuai dengan peraturan yang ada,” tegas Aziz.

Menurut Aziz, ultimatum tersebut juga merupakan instruksi dari Bapak Wakil Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Masih kata Aziz, penetapan tarif ini hanya berlaku untuk antar kabupaten/kota dalam Provinsi. Sedangkan untuk antar Provinsi harganya disesuaikan dengan mekanisme pasar. Dikatakannya juga tarif tersebut sudah termasuk asuransi jasa raharja Rp2.000

“Tarif yang kita putuskan adalah untuk antar Kabupaten/Kota dalam Provinsi saja. Sedangkan diluar itu, diatur oleh makanisme pasar,” jelas Aziz.

Ditambahkan Aziz, ia berharap pihak operator tetap memberikan pelayanan yang terbaik. Meskipun saat ini pemerintah sudah menurunkan harga tiket. Karena pelayanan prima yang diberikan, akan menjadi penilaian yang utama dari masyarakat sebagai pengguna jasa. Ditegasnnya juga, tarif yang ditetapkan ini adalah ambang batas tertinggi. Apabila ada pihak operator yang menetapkan dibawah kesepakatan ini, itu merupakan kebijakan masing-masing operator.

“Kita juga berharap, sejak berlakunya tarif besok tidak ada komplain dari masyarakat. Secara tidak langsung penurunan tarif akan memberikan multi efek bagi aktivitas perekonomian masyarakat,” tutup Aziz.

Sementara itu, dari Tanjunpinang ke Telaga Punggur, Batam berdasarkan SK penetapan tarif oleh Wakil Gubernur, untuk Tanjungpinang tujuan Telagapunggur, Batam tetap menggunakan tarif berbeda untuk kapal berbahan aluminium (baruna group,red) Rp57.500. Sedangkan kapal yang masih menggunakan fiber (marina) Rp52.500,(daftar lengkap lihat tabel,red). Dalam SK tersebut juga memuat tarif baru Angkutan Sungai Dalam Pelabuhan (ASDP) atau kapal roro. Baik dari Uban-Punggur maupun dari Punggur-Karimun. Selain itu juga memutuskan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). (jpg/bpos)

Respon Anda?

komentar