Balon Bupati Benteng akan Diuji di Mabes Partai Berlambang Banteng

550
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN

batampos.co.id – Seluruh bakal calon (balon) Bupati Benteng, Provinsi Bengkulu yang mendaftar di partai PDI Perjuangan akan menjalani fit and proper test pada 27 April mendatang di Jakarta.

Balon bupati yang akan menjalani tes sebanyak empat orang yakni Bupati Benteng Ferry Ramli (incumbent) Wakil Bupati Benteng M Sabri (incumbent), mantan Sekda Lebong Arbain Awaluddin dan Ketua DPC PDIP Benteng Arfan Nawawi.

Dikatakan Ketua DPD PDIP Provinsi Bengkulu Hj. Elva Hartati, dia sudah menerima surat penetapan jadwal tersebut. Dalam fit and proper test, tidak hanya ditanya mengenai visi dan misi juga akan dipertanyakan tentang komitmen balon bupati terhadap PDIP jika diusung nanti.

“Kami akan sampaikan pemberitahuan kepada keempat balon Bupati Benteng yang pada waktu pendaftaran penjaringan sudah mendaftar di PDIP. Dari empat itu sudah disampaikan ke DPP. Mereka tinggal mengikuti tahap terakhir sebelum diputuskan rekomendasi untuk salah satu kandidat,” terang Elva kepada Radar Bengkulu (Jawa Pos Group), kemarin.

Menurut Elva, selain hasil tes yang menjadikan dasar pemberian rekomendasi, survei baik itu elektabilitas, popularitas dan kepastian komitmen turut menjadi pertimbangan. Saat ini, dari keempat balon baru incumbent Ferry Ramli yang diketahui tertinggi surveinya. Akan tetapi semua balon masih berpeluang.

“Setelah dites, barulah DPP akan memanggil satu dari empat balon yang mendaftar itu. Kemudian dipastikan calon yang dipanggil itulah yang akan mendapatkan perahu PDIP yang memiliki tiga kursi di DPRD Benteng.

“Jika yang mendapatkan rekomendasi bukan kader PDIP, maka harapan kita wakilnya bisa dari PDIP. Akan tetapi jika ada calon lain untuk wakil dan calon bupati juga bukan dari PDIP, itu tidak dipersoalkan. PDIP akan komitmen untuk siap memenangkan pilkada,’’ terang Elva.

Diakui Elva, untuk koalisi parpol akan diserahkan ke cabup yang akan diusung. Sehingga pihaknya tidak akan mempersoalkan jika cabup menggalang atau melakukan koalisi dengan partai lainnya. Termasuk yang selama ini tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP). “Putusan hasil tes itu nanti akan disampaikan, diprediksi Mei atau Juni,” ujarnya.(JPG)

Respon Anda?

komentar