Cegah Narkoba, BNNK Karimun Bawa Bang Wawan ke Sekolah

700
Pesona Indonesia
Kepala BNNK Karimun AKBP TA Rahman, saat memaparkan program "Bang Wawan" untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Foto: istimewa
Kepala BNNK Karimun AKBP TA Rahman, saat memaparkan program “Bang Wawan” untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Foto: istimewa

batampos.co.id – Beragam program digeber Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Karimun untuk mewujudkan Bumi Berazam bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Kini BNNK melakukan upaya pencegahan dini di lingkungan pendidikan khusus tingkat SMA. Program itu, yakni penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba (Bang Wawan).

Sebanyak 20 peserta dari 10 perwakilan guru-guru SMA mengikuti asistensi untuk mengefektifkan ”Bang Wawan” yang dilaksanakan di ruang rapat Holiday Hotel Tanjungbalai Karimun, Kamis (14/4/2016) lalu.

”Kenapa Bang Wawan (pembangunan berwawasan anti narkoba) harus diperkuat? Ya, karena saat ini narkoba sudah sangat gawat. Bahkan, sudah memasuki semua lini kehidupan masyarakat. Kondisi ini harus dicermati,” ungkap Kepala BNNK Karimun AKBP TA Rahman.

Asistensi penguatan wawasan anti narkotika disejalankan dengan Operasi Seligi Bersinar yang hampir melibatkan seluruh kelurahan sebagai pilot project. Di sisi lain, program P4GN (pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba) dapat berjalan sukses.

”Jika tidak diperangi bersama, dan kita tak menguatkan diri, kita akan terus kalah dengan pengedar dan bandar-bandar narkoba,” jelas Rahman.

Dijelaskannya, memetakan potensi kemampuan dan kerawanan di masing-masing lingkungan kelurahan, menjadi tahapan utama terpenting. Setelah terpetakan, lalu membuat program yang tepat, sehingga mampu memberikan perlawanan terhadap peredaran narkoba.

”Kita berharap komitmen bersama,” imbuh Rahman. (enl/bp)

Respon Anda?

komentar