Pak Wagub, Harga Tiket Batam-Karimun-Batam Tak Seragam

1171
Pesona Indonesia
ilustrasi kapal feri
ilustrasi kapal feri

batampos.co.id – Penyedia jasa pelayaran dari Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam tujuan Karimun sudah menurunkan tarif angkutan kapal feri sebesar Rp 20 ribu sejak beberapa hari lalu, seiring dengan turunnya harga bahan bakar minyak (BBM). Harga tiket yang semula Rp 90 ribu sekali jalan, turun menjadi Rp 70 ribu.

Sayangnya, tarif dari Karimun ke Batam malah berbeda. Agen menjual tiket dari Karimun ke Batam Rp 85 ribu sekali jalan.

”Kita masih menunggu surat keputusan (SK) dari Gubernur Provinsi Kepri. Untuk sementara waktu kita menurunkan tarif sedikit, sehingga dari Tanjungbalai ke Sekupang Batam saat ini Rp 85 ribu untuk satu kali jalan,” ujar Ketua INSA Kabupaten Karimun, Bustami Dt Rajo Marah, Minggu (17/4/2016).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun Aryandy, mengatakan dirinya tidak memiliki kewenangan untuk tarif antar kabupaten/kota. ”Kita hanya bisa mengimbau dan mengawasi. Kewenangan kita hanya tarif antarpulau dalam kabupaten,” paparnya.

Dikatakan Aryandy, saat ini tarif untuk antar pulau dalam kabupaten sudah resmi turun sejak pekan lalu. Pihaknya bersama dengan agan pelayaran antar pulau sudah sepakat menurunkan tarif rata-rata 5 persen dan disesuaikan dengan bahan bakar yang digunakan.

Kapal penumpang yang menggunakan bahan bakar solar dari Tanjungbalai ke Moro tarif lama Rp 66 ribu, sekarang jadi Rp 63 ribu. Jika menggunakan BBM jenis bensin harga tiket dengan tujuan yang sama dari Rp 76 ribu menjadi Rp 72 ribu. (san/bp)

Respon Anda?

komentar