Natuna Barat Sudah Memenuhi Syarat Jadi Kabupaten

1964
Pesona Indonesia
Masjid Raya Natuna, jadi ikon kabupaten kaya migas ini. Rencananya, kabupaten ini akan dimekarkan menjadi dua. Foto: istimewa
Masjid Raya Natuna, jadi ikon kabupaten kaya migas ini. Rencananya, kabupaten ini akan dimekarkan menjadi dua, salah satunya Kabupaten Natuna Barat. Foto: istimewa

batampos.co.id – Ketua Komisi III DPRD Natuna, Wan Sofian, mengatakan, perjuangan pembentukan pemekaran Kabupaten Natuna Barat sudah memenuhi syarat.
Saat ini, kata Sofian, wilayah Natuna Barat sudah memiliki 6 kecamatan.

Satu kecamatan yakni Kecamatan Pulau Tiga Barat sudah diresmikan, sementara masih ditunjuk pelaksana tugas camat. Dan dalam waktu dekat akan dijadwalkan peresmian Kecamatan Bunguran Batubi.

”Alhamdulillah, perjuangan masyarakat untuk memekarkan kecamatan sudah terwujud. Harapan utamanya adalah untuk mempersingkat urusan pemerintahan,” kata Sofian, Sabtu (16/4/2016).

Kecamatan Pulau Tiga, kata Sofian, merupakan wilayah kepulauan yang dibagi menjadi 10 desa. Kecamatan Pulau Tiga pusat pemerintahan di Pulau Tanjungbalai, sementara Kecamatan Pulau Tiga Barat berada di Pulau Tanjungkumbik.

”Kecamatan baru sudah diresmikan kemarin, alhamdulillah syarat pemekaran Kabupaten Natuna Barat sudah terpenuhi,” jelas politisi PDIP ini.

Camat Pulau Tiga Tabrani, yang ditunjuk Pemkab Natuna sebagai pelaksana tugas (Plt) Camat Pulau Tiga Barat mengatakan, wilayah Kecamatan Pulau Tiga sudah terbagi dua. Tentunya pelayanan sesuai pembagian wilayah administratif akan menjadi lebih singkat.

Kecamatan Pulau Tiga Barat sambungnya, wilayahnya adalah Desa Pulau Tiga, Desa Tanjungkumbik Utara, Desa Selading, dan Desa Setumuk.

”Untuk sementara Kantor Camat Pulau Tiga Barat akan menempati bekas Kantor Desa Pulau Tiga yang tidak ditempati,” ujarnya.

Selain meresmikan Kecamatan Pulau Tiga Barat lanjut Tabrani, Pemkab Natuna dalam waktu dekat akan meresmikan Kecamatan Suak Midai yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Midai.

”Kecamatan Midai adalah wilayah administrasi pembentukan Kabupaten Natuna Selatan. Diantara Kecamatan Serasan, Kecamatan Serasan Timur, dan Kecamatan Subi,” pungkasnya. (arn)

Respon Anda?

komentar